Dahsyatnya Ledakan Beirut Lebanon, Guncang Lapisan Atas Atmosfer Bumi

Kompas.com - 19/03/2021, 18:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Masih ingatkah Anda dengan ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon pada Agustus tahun lalu?

Menurut perhitungan peneliti, ledakan Beirut memiliki energi setara 200-500 ton TNT atau puluhan kali lebih kuat dari bom atom yang menghancurkan Hiroshima.

Alhasil, ledakan tersebut menghancurkan kota, merusak gedung, menewaskan lebih dari 100 orang, melukai ribuan lainnya dan yang baru ditemukan, mengguncang lapisan-lapisan atas atmosfer Bumi.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (19/3/2021); para peneliti dari Institusi Teknologi Nasional India dan Universitas Hokkaido di Jepang mengukur gangguan elektrik akibat ledakan Beirut di ionosfer, bagian atas atmosfer Bumi yang terionisasi oleh radiasi Matahari.

Baca juga: Studi Buktikan, Ledakan Lebanon Salah Satu yang Terparah dalam Sejarah

Mereka melakukan hal ini dengan memanfaatkan variasi fase pada transmisi gelombang mikro yang dikirimkan oleh Global Navigation Satellite System pada hari letusan.

Para peneliti lantas memperhitungkan perubahan distribusi elektron di ionosfer yang menandakan adanya gelombang akustik melewati gas ionosfer.

Teknik ini sebetulnya telah digunakan sejak jaringan satelit kali pertama diluncurkan 1990-an. Ia digunakan untuk mengukur guncangan yang melewati lapisan-lapisan atas atmosfer, mulai dari letusan gunung berapi hingga uji coba nuklir.

Namun, penggunaan metode ini untuk mengukur dampak ledakan Beirut bukan tanpa hambatan.