Kompas.com - 19/03/2021, 16:04 WIB
Ilustrasi tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021. SHUTTERSTOCK/Jose L. StephensIlustrasi tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021.


KOMPAS.com- Sembari menunggu sinetron ikatan cinta di mulai, bagi Anda penggemar tokoh sinetron Ikatan Cinta, Aldebaran, cobalah untuk sejenak menyaksikan dahulu fenomena langit berupa konjungsi Bulan, Mars dan Aldebaran yang akan hadir petang ini.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Andi Pangerang mengatakan bahwa pada hari ini, tanggal 19 Maret 2021 tripel konjungsi antara ketiga benda langit ini akan terjadi.

Fenomena langit ini dapat Anda saksikan tepat sejak akhir senja bahari yaitu 42 menit setelah terbenam Matahari.

Cobalah untuk mencari penampakan konjungsi Bulan, Mars dan Aldebaran ini dari arah barat laut dengan ketinggian Bulan sebesar 45 derajat  dan sudut pisah 3,97 derajat .

Baca juga: Fenomena Langit Pekan Ini: Jumat Ada Tripel Konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bulan juga berkonjungsi dengan Aldebaran dengan sudut pisah 7,04 derajat, sehingga membentuk konjungsi segitiga antara Bulan, Mars dan Aldebaran," jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa ketampakan terakhir dari tripel konjungsi ini terjadi di arah barat-barat laut pada pukul 22.20 waktu setempat dengan sudut pisah Bulan-Mars sebesar 3,00 derajat dan sudut ppisah Bulan-Pleiades sebesar 6,18 derajat.

"Berselang 20 menit kemudian, ketiga benda langit ini sudah berada di bawah ufuk," ujarnya.

Adapun, puncak daripada konjungsi Bulan dan Mars akan terjadi pada tanggal 20 Maret pukul 02.18 WIB dengan sudut pisah 1,94 derajat. Bulan dan Mars akan bersama Aldebaran menghiasi langit malam.

Baca juga: Mengenal Aldebaran Bintang Paling Terang di Konstelasi Taurus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.