Lewati Venus, Misi Solar Orbiter Semakin Dekat dengan Matahari

Kompas.com - 30/12/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi Solar Orbiter melintasi planet Venus. Wahana antariksa milik ESA ini diluncurkan untuk misi mempelajari Matahari.

ESA/ATG medialabIlustrasi Solar Orbiter melintasi planet Venus. Wahana antariksa milik ESA ini diluncurkan untuk misi mempelajari Matahari.


KOMPAS.com- Setelah beberapa saat tak terdengar kabarnya, Solar Orbiter, wahana antariksa yang khusus diluncurkan untuk mempelajari matahari dikabarkan telah mencapai jarak terdekat dengan planet Venus.

Seperti dikutip dari Space, Selasa (29/12/2020) Solar Orbiter berhasil melintasi Venus pada jarak terdekatnya yaitu 7.500 km dari puncak awan planet, Minggu (27/12/2020).

Misi gabungan antara NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) yang diluncurkan Februari lalu akan menghabiskan waktu tujuh tahun untuk mempelajari matahari.

Namun untuk bisa sedekat mungkin dengan matahari seperti rencana para ilmuwan, Solar Orbiter perlu membuat beberapa putaran. Salah satunya dimulai dari Venus.

Baca juga: Pertama Kalinya, Solar Orbiter ESA Akhirnya Lebih Dekat ke Matahari

 

Kesempatan ini rupanya juga tak disia-siakan pula bagi para ilmuwan untuk sekaligus mempelajari Venus meski nantinya hanya mendapatkan sedikit data dari lintasan yang dilakukan Solar Orbiter.

"Solar Orbiter tentu saja merupakan misi yang tak dirancang khusus untuk mengamati Venus. Namun kami mencari peluang untuk itu. Jadi ya, kami akan melakukan observasi saat mendekati Venus," ungkap Daniel Muller, ilmuwan dari ESA untuk proyek misi Venus tersebut.

Namun, misi utama Solar Orbiter yang khusus mengamati matahari akhirnya membatasi untuk mempelajari planet Venus.

Halaman:


Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X