Pertama Kalinya, Solar Orbiter ESA Akhirnya Lebih Dekat ke Matahari

Kompas.com - 16/06/2020, 17:03 WIB
Solar Orbiter ESA/BBCSolar Orbiter


KOMPAS.com - Solar Orbiter milik Badan Antariksa Eropa ( ESA), dilaporkan berhasil melewati jarak terdekat dengan Matahari.

Wahana antariksa Solar Orbiter yang dikirim ESA berhasil membuat jarak terdekat dengan Matahari yakni lebih dari 77 juta km pada Senin (15/6/2020).

Seperti melansir dari situs resmi ESA, Selasa (16/6/2020) ini adalah pendekatan pertama kalinya yang dilakukan Solar Orbiter, dengan jarak yang sekitar setengah dari jarak antara Matahari dan Bumi.

Dalam pekan setelah perihelion pertama ini, yaitu titik orbit terdekat dengan Matahari, para ilmuwan akan menguji 10 instrumen sains pesawat ruang angkasa. Termasuk enam teleskop yang akan memperoleh gambar close-up Matahari secara bersamaan untuk pertama kalinya.

Baca juga: Solar Orbiter Resmi Diluncurkan, Misteri Matahari Segera Terpecahkan

Tangkap gambar Matahari beresolusi tinggi

Menurut ESA Solar Orbiter Project Scientist Daniel Muller, gambar yang rencananya akan dirilis pada pertengahan Juli ini, akan menjadi gambar terdekat dari Matahari yang pernah ditangkap.

"Kami tidak pernah mengambil foto Matahari dari jarak yang lebih dekat dari ini," kata Daniel.

Daniel menambahkan ada resolusi gambar close-up yang lebih tinggi yang diambil teleskop surya Daniel K Inouye di Hawaii pada awal tahun 2020.

Akan tetapi, gambar tersebut diambil dari Bumi yang mana atmosfer antara teleskop dan Matahari, membuat Anda hanya bisa melihat sebagian kecil dari spektrum matahari.

Parker Solar Probe milik Badan Antariksa Amerika ( NASA), telah lebih dulu diluncurkan pada 2018 lalu untuk mendekati Matahari.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Satelit NASA Ini Nyaris Menyentuh Matahari

Namun, bagaimana pun juga pesawat ruang angkasa tidak dibekali teleskop yang mampu melihat langsung ke Matahari.

" Teleskop pencitraan ultraviolet kami memiliki resolusi spasial yang sama dengan teleskop Solar Dynamic Observatory (SDO) NASA," kata Daniel.

Teleskop SDO NASA ini mampu mengambil gambar Matahari beresolusi tinggi dari orbit yang dekat dengan Bumi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X