Pertama Kalinya, Bintik Matahari Tertangkap Teleskop Setajam Ini

Kompas.com - 08/12/2020, 19:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Observatorium matahari terbesar di dunia, US National Science Foundation’s Daniel K. Inouye Solar Telescope baru saja merilis gambar bintik matahari pertamanya.

Teleskop ini, seperti dilansir dari Futurism, Selasa (8/12/2020), benar-benar menangkap rupa bintik matahari dengan gambar paling tajam, sehingga terlihat sangat menakutkan.

"Citra bintik matahari mencapai resolusi spasial sekitar 2,5 kali lebih tinggi dari yang pernah dicapai sebelumnya, menunjukkan struktur magnetik sekecil 20 km di permukaan matahari," kata direktur NSF’s National Solar Observatory Thomas Rimmele, penulis utama makalah yang diterbitkan dalam jurnal Solar Physics.

Bintik matahari adalah area gelap di permukaan Matahari. Ilmuwan menduga hal itu disebabkan oleh fluks medan magnet yang menyebabkan area sekitarnya menjadi dingin sementara.