Kompas.com - 08/12/2020, 13:02 WIB


KOMPAS.com- Pencairan gletser semakin menjadi ancaman serius dari perubahan iklim. Kali ini, gletser di Pegunungan Alpen mulai menghadapi dampak iklim tersebut.

Seperti dilansir dari BBC News, Selasa (8/12/2020), peneliti mengungkapkan bahwa pada akhir abad ini, Pegunungan Alpen bisa kehilangan hingga 92 persen gletsernya.

Sedikitnya, ada 4.000 gletser di pegunungan tersebut, termasuk yang berada di kawasan ski populer seperti Zermatt di Swiss dan Tignes di Perancis.

Temuan peneliti dari Aberystwyth University menunjukkan bahwa gletser di resor ski terkenal itu akan menghilang.

Studi dilakukan peneliti mencakup seluruh wilayah Pegunungan Alpen Eropa, didasarkan pada catatan iklim serta prakiraan iklim selama 200 tahun dari tahun 1901 hingga 2100.

Baca juga: Puncak Jaya Papua, Gletser Terakhir di Asia yang Diprediksi Punah Tahun Depan

 

Pemodelan yang digunakan disebut peneliti sebagai equilibrium line altitude (ELA) dari lembah gletser di seberang Pegunungan Alpen.

Ini adalah ketinggian di mana jumlah salju dan es yang menumpul sama dengan jumlah yang mencair atau menguap selama periode satu tahun.

Ukuran tersebut membantu peneliti membuat prediksi yang memungkinkan untuk merespons perubahan iklim, yang mereka perkirakan akan cepat dan sangat bervariasi.

"Gletser adalah canary in the mine bagi perubahan iklim, kemundurannya sangat cepat," kata Prof Neil Glasser, koordinator proyek Change yang didanai Uni Eropa.

Halaman:
Sumber BBC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.