Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gletser Pegunungan Alpen Terancam Hilang akibat Perubahan Iklim, Kok Bisa?

Kompas.com - 08/12/2020, 13:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com- Pencairan gletser semakin menjadi ancaman serius dari perubahan iklim. Kali ini, gletser di Pegunungan Alpen mulai menghadapi dampak iklim tersebut.

Seperti dilansir dari BBC News, Selasa (8/12/2020), peneliti mengungkapkan bahwa pada akhir abad ini, Pegunungan Alpen bisa kehilangan hingga 92 persen gletsernya.

Sedikitnya, ada 4.000 gletser di pegunungan tersebut, termasuk yang berada di kawasan ski populer seperti Zermatt di Swiss dan Tignes di Perancis.

Temuan peneliti dari Aberystwyth University menunjukkan bahwa gletser di resor ski terkenal itu akan menghilang.

Studi dilakukan peneliti mencakup seluruh wilayah Pegunungan Alpen Eropa, didasarkan pada catatan iklim serta prakiraan iklim selama 200 tahun dari tahun 1901 hingga 2100.

Baca juga: Puncak Jaya Papua, Gletser Terakhir di Asia yang Diprediksi Punah Tahun Depan

 

Pemodelan yang digunakan disebut peneliti sebagai equilibrium line altitude (ELA) dari lembah gletser di seberang Pegunungan Alpen.

Ini adalah ketinggian di mana jumlah salju dan es yang menumpul sama dengan jumlah yang mencair atau menguap selama periode satu tahun.

Ukuran tersebut membantu peneliti membuat prediksi yang memungkinkan untuk merespons perubahan iklim, yang mereka perkirakan akan cepat dan sangat bervariasi.

"Gletser adalah canary in the mine bagi perubahan iklim, kemundurannya sangat cepat," kata Prof Neil Glasser, koordinator proyek Change yang didanai Uni Eropa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com