Kompas.com - 08/12/2020, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Sindrom pramenstruasi (PMS) adalah sekelompok gejala yang terkait dengan siklus menstruasi.

Biasanya, gejala PMS terjadi satu hingga dua minggu sebelum menstruasi.

Gejala PBM biasanya berhenti setelah menstruasi dimulai.

Namun tahukah Anda, gejala PMS bisa sangat mirip dengan gejala awal kehamilan meski tidak terlalu kentara dan bisa berbeda pada setiap wanita.

Baca juga: Mandi Air Dingin vs Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

Berikut gejala PMS vs awal kehamilan seperti dilansir Healthline.

1. Nyeri payudara

Gejala PMS: Selama PMS, pembengkakan dan nyeri payudara dapat terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi Anda. Nyeri payudara berkisar dari ringan hingga parah, dan biasanya paling parah tepat sebelum menstruasi. Wanita di usia subur cenderung memiliki gejala yang lebih parah.

Jaringan payudara mungkin terasa bergelombang dan padat, terutama di bagian luarnya. Anda mungkin merasakan payudara penuh dan nyeri yang berat. Nyeri sering kali membaik selama menstruasi atau setelahnya, karena kadar progesteron menurun.

Gejala kehamilan: Selama awal kehamilan, payudara Anda mungkin terasa sakit, sensitif, atau nyeri saat disentuh. Payudara mungkin juga terasa lebih kencang dan lebih berat. Rasa nyeri dan pembengkakan ini biasanya akan terjadi satu hingga dua minggu setelah Anda hamil, dan ini bisa berlangsung beberapa saat karena kadar progesteron meningkat karena hamil.

2. Pendarahan

Gejala PMS: Biasanya Anda tidak akan mengalami pendarahan atau bercak jika itu PMS. Saat Anda mengalami menstruasi, alirannya terasa lebih berat dan bisa berlangsung seminggu.

Gejala kehamilan: Bagi sebagian orang, salah satu tanda pertama kehamilan adalah perdarahan vagina ringan atau bercak yang biasanya berwarna merah muda atau coklat tua.

Ini biasanya terjadi 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Bercak biasanya berlangsung hanya satu atau dua hari, jadi lebih pendek dari periode menstruasi normal.

Ilustrasi. Ilustrasi.

3. Perubahan mood

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.