Kompas.com - 30/11/2020, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Saat ada panggilan ke kamar mandi untuk buang air besar (BAB), banyak dari kita membawa ponsel ke kamar mandi hanya untuk mengecek tiga sampai empat aplikasi.

Tergantung pada konten apa yang dipilih sambil duduk di atas toilet, tapi tidak jarang Anda akhirnya menghabiskan waktu sampai setengah jam lamanya di toilet.

Membawa ponsel ke kamar mandi dengan alasan untuk menemani saat kita sendirian, atau menonton satu hingga dua video YouTube atau mengecek Facebook tidaklah bermanfaat.

Dokter spesialis bedah di Australia, Profesor Chris Berney telah mempelajari soal wasir dari waktu ke waktu, dan dia memperhatikan wasir yang bengkak dan meradang telah makin sering ditemukan di kalangan anak muda.

Baca juga: Awas, Main Hp Saat BAB Picu Risiko Ambeien dan Masalah Lain

"Ini adalah sesuatu yang sangat baru yang hanya saya lihat terjadi dalam lima atau sepuluh tahun terakhir," kata Profesor Berney.

Wasir adalah pembuluh darah yang bengkak atau meradang di rektum Anda.

Kondisi ini cenderung lebih umum di antara orang tua, bisa menyakitkan, dan terkadang harus dioperasi.

Kebiasaan membawa ponsel saat Anda buang air besar pada dasarnya jadi kebiasaan siapapun yang berusia di bawah 25 tahun. Diperkirakan sekitar 95 persen orang di Generasi Z secara rutin menggunakan ponsel mereka di toilet, kata Profesor Berney.

"Anda dapat membawa ponsel ke toilet jika Anda mau, masalahnya sebenarnya adalah jika membawa ponsel setiap hari saat Anda pergi ke toilet selama 10 atau 20 menit."

"Masalahnya terletak pada frekuensi, seberapa sering Anda melakukannya, dan berapa lama Anda berada di sana. Di sanalah masalah dimulai."

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.