Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muntah dan Diare, Ditemukan Cacing Parasit Menggeliat di Dalam Perut Pria Ini

Kompas.com - 23/11/2020, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 20 tahun, yang tinggal di New Delhi, mengalami sakit perut, diare, dan muntah-muntah selama sehari. Hingga akhirnya ia dilarikan ke ruang gawat darurat.

Sebelumnya, pria ini dalam kondisi sehat, tanpa masalah medis yang diketahui.

Melansir Live Science, hasil pemeriksaan menunjukkan, kadar sel darah putih pria tersebut tinggi, yang mana ini mengindikasikan adanya infeksi.

Selain itu, kadar hemoglobin – protein darah yag membawa oksigen, juga meningkat. Kemudian dokter melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) pada vena cava inferior – vena besar di dekat perut, untuk memeriksa kadar cairan di pembuluh darahnya.

Baca juga: Cacing Parasit Ancam Hewan Laut, Mungkinkah Sushi juga Terkontaminasi?

Namun saat proses pemeriksaan, dokter menemukan sesuatu yang aneh, struktur tubular (berbentuk tabung) yang bergerak-gerak menggeliat dan melengkung di dalam perut pria tersebut.

Dokter kemudian meminta sampel feses pria itu, untuk memeriksa adanya parasit. Mereka menemukan, bahwa fesesnya berisi telur dari cacing gelang Ascaris lumbricoides, sejenis parasit usus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), A. lumbricoides adalah salah satu cacing parasit manusia yang paling umum di seluruh dunia.

Diperkirakan 800 juta hingga 1,2 miliar orang memiliki A. lumbricoides di saluran usus mereka. Masalahnya, cacing parasit ini bisa tumbuh hingga 14 inci (35 cm).

Jenis cacing parasit ini paling sering ditemukan di daerah tropis dan subtropis dengan sistem sanitasi yang buruk dan kurangnya akses ke perlengkapan kebersihan. Seperti yang pernah dilaporkan Live Science sebelumnya, cacing ini sangat umum di India.

Baca juga: Ngeri tapi Nyata, Wanita Ini Temukan 14 Cacing Parasit dalam Matanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com