Muntah dan Diare, Ditemukan Cacing Parasit Menggeliat di Dalam Perut Pria Ini

Kompas.com - 23/11/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi cacing parasit Ascaris lumbricoides SHUTTERSTOCKIlustrasi cacing parasit Ascaris lumbricoides

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 20 tahun, yang tinggal di New Delhi, mengalami sakit perut, diare, dan muntah-muntah selama sehari. Hingga akhirnya ia dilarikan ke ruang gawat darurat.

Sebelumnya, pria ini dalam kondisi sehat, tanpa masalah medis yang diketahui.

Melansir Live Science, hasil pemeriksaan menunjukkan, kadar sel darah putih pria tersebut tinggi, yang mana ini mengindikasikan adanya infeksi.

Selain itu, kadar hemoglobin – protein darah yag membawa oksigen, juga meningkat. Kemudian dokter melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) pada vena cava inferior – vena besar di dekat perut, untuk memeriksa kadar cairan di pembuluh darahnya.

Baca juga: Cacing Parasit Ancam Hewan Laut, Mungkinkah Sushi juga Terkontaminasi?

Namun saat proses pemeriksaan, dokter menemukan sesuatu yang aneh, struktur tubular (berbentuk tabung) yang bergerak-gerak menggeliat dan melengkung di dalam perut pria tersebut.

Dokter kemudian meminta sampel feses pria itu, untuk memeriksa adanya parasit. Mereka menemukan, bahwa fesesnya berisi telur dari cacing gelang Ascaris lumbricoides, sejenis parasit usus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), A. lumbricoides adalah salah satu cacing parasit manusia yang paling umum di seluruh dunia.

Diperkirakan 800 juta hingga 1,2 miliar orang memiliki A. lumbricoides di saluran usus mereka. Masalahnya, cacing parasit ini bisa tumbuh hingga 14 inci (35 cm).

Jenis cacing parasit ini paling sering ditemukan di daerah tropis dan subtropis dengan sistem sanitasi yang buruk dan kurangnya akses ke perlengkapan kebersihan. Seperti yang pernah dilaporkan Live Science sebelumnya, cacing ini sangat umum di India.

Baca juga: Ngeri tapi Nyata, Wanita Ini Temukan 14 Cacing Parasit dalam Matanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X