Peneliti Ungkap Keberhasilan Menurunkan Berat Badan Tak Terbatas Usia

Kompas.com - 22/11/2020, 18:19 WIB
Ilustrasi obesitas dan diabetes. Obesitas bisa memicu penyakit diabetes. SHUTTERSTOCK/JPC-PRODIlustrasi obesitas dan diabetes. Obesitas bisa memicu penyakit diabetes.

KOMPAS.com - Perubahan gaya hidup untuk menurunkan berat badan, tak mengenal batas usia.

Bahkan, mereka yang berusia di atas 60 tahun dan obesitas, terbukti bisa menurunkan berat badan dengan mengubah pola hidup.

Melansir Science Daily, (20/11/2020) hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi baru dari University of Warwick dan University Hospitals Coventry and Warwickshire (UHCW) NHS Trust yang menunjukkan, usia bukanlah penghalang untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Berat Badan Turun, Lemak Bagian Tubuh Mana yang Hilang Duluan?

Para peneliti memiliki harapan, agar temuan mereka bisa mengubah kesalahpahaman yang selama ini diyakini oleh khalayak, mengenai efektivitas program penurunan berat badan pada orang yang berusia lebih tua.

Studi yang telah dilaporkan dalam jurnal Clinical Endocrinology ini, berdasarkan pada analisa catatan pasien dari layanan obesitas berbasis rumah sakit.

Studi retrospektif ini dilakukan di Institut Warwickshire untuk Studi Diabetes, Endokrinologi dan Metabolisme (WISDEM) di UHCW.

Para peneliti secara acak memilih 242 pasien yang menghadiri layanan obesitas berbasis WISDEM antara 2005 hingga 2016.

Kemudian ada perbandingan antara kelompok yang berusia di bawah 60 tahun dan yang berusia antara 60 hingga 78 tahun, hal ini untku mengetahui penurunan berat badan yang mereka capai selama waktu pelayanan.

Semua pasien yang berpartisipasi, berat badannya akan di ukur sebelum dan sesudah melakukan perubahan gaya hidup yang dikoordinasikan dalam layanan obesitas berbasis WISDEM.

Kemudian, persentase penurunan berat badan akan dihitung pada dua kelompok yang sudah dibagi.

Hasilnya menunjukkan, bahwa kedua kelompok itu setara secara statistik, mereka yang berusia 60 tahun ke atas rata-rata menurunkan berat badan sebesar 7,3%, sementara mereka yang berusia di bawah 60 tahun, menurunan berat badan berat badan 6,9%.

Kedua kelompok menghabiskan jumlah waktu yang sama dalam layanan obesitas, rata-rata 33,6 bulan untuk mereka yang berusia 60 tahun ke atas, dan 41,5 bulan untuk mereka yang berusia di bawah 60 tahun.

Baca juga: Obesitas Meningkatkan Risiko Gejala Parah Covid-19, Kok Bisa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X