Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Fenomena Ular Kobra Bermunculan di Musim Hujan, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 17/11/2020, 16:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Musim hujan telah tiba, salah satu fenomena yang terjadi yakni munculnya banyak anakan ular kobra Jawa yang berkeliaran di area permukiman.

Menurut ahli herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, fenomena ini sering terjadi terutama di musim penghujan seperti saat ini.

"Memang ini juga musimnya telur-telur ular menetas. Bahkan, sebenarnya tidak hanya ular kobra, tetapi juga jenis ular lainnya," kata Amir saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/1/2020).

Di musim hujan bersamaan dengan waktu menetasnya telur-telur ular kobra, maka secara otomatis, kata Amir, populasi anakan ular pasti akan meningkat.

Baca juga: Kapan Teror Ular Kobra Akan Berakhir? Ini Kata Ahli Reptil LIPI

 

Spesies ular kobra, menurut peneliti ular ini, habitat hidupnya berada di sekitar perumahan, lahan persawahan dan perkarangan.

Saat induk ular kobra Jawa menemukan tempat yang tepat dan terlindungi di kawasan-kawasan tersebut, maka mereka akan meletakkan telur-telurnya.

"Hanya saja, induk ular periode inkubasinya sekitar 3 bulanan. Itu artinya, telur-telur tersebut kemungkinan sudah diletakkan sekitar tiga bulan lalu, kemudian di musim hujan ini mulai menetas," jelas Amir.

Setelah menetas, anakan ular kobra Jawa yang mungkin telurnya diletakkan di area permukiman, maka mereka akan menyebar di sekitar manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com