4 Manfaat Ubi Jalar, Baik untuk Mata hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 04/11/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi ubi jalar SHUTTERSTOCK/ AtlasStudioIlustrasi ubi jalar

KOMPAS.com - Ubi jalar atau sering disebut ketela rambat adalah salah satu makanan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Karena mudah ditemukan, banyak kudapan yang bisa dibuat dari ubi jalar. Mulai dari ubi goreng, bola ubi, untuk kolak, atau hanya direbus.

Selain enak, bahan pangan ini juga memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Ubi jalar sarat dengan vitamin dan antioksidan yang menjadikannya bagus untuk diet apa pun.

Baca juga: Ubi Jalar, Karbohidrat Kaya Gizi Pengganti Nasi

Setidaknya ada 4 manfaat yang bisa kita dapat dari ubi jalar seperti dilansir Insider, Sabtu (31/10/2020).

1. Penglihatan

Ubi jalar mengandung karotenoid, yakni antioksidan yang bertanggung jawab atas banyak manfaat termasuk mendukung penglihatan.

Khususnya beta karoten adalah penghasil warna oranye pada ubi jalar dan berguna untuk penglihatan karena diubah menjadi vitamin A.

"Vitamin A adalah bagian dari senyawa yang disebut rhodopsin yang diperlukan untuk adaptasi penting terhadap terang dan gelap. Oleh karena itu, penglihatan yang tepat bergantung pada vitamin A," kata Roberta Anding, ahli diet terdaftar di Baylor College of Medicine.

Selain itu, tinjauan tahun 2013 menemukan bahwa beta karoten, bersama dengan nutrisi lain seperti vitamin C, E, dan zinc, dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Anda hanya perlu makan satu ubi jalar per hari.

Untuk diketahui, satu buah ubi jalar mengandung 1.403 mcg vitamin A, sebanyak 156 persen dari jumlah yang direkomendasikan setiap hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X