Kompas.com - 04/11/2020, 10:02 WIB
Tim peneliti mempersiapkan drone yang akan digunakan untuk mempelajari gunung berapi Manam di Papua Nugini. sciencealertTim peneliti mempersiapkan drone yang akan digunakan untuk mempelajari gunung berapi Manam di Papua Nugini.

KOMPAS.com - Setidaknya ada 300 gunung berapi aktif di seluruh dunia. Peneliti pun punya tantangan tersendiri untuk memantau dan mengirimkan peringatan dini sebelum gunung meletus.

Tapi pekerjaan itu bukanlah hal yang mudah. Peneliti harus melakukan serangkaian inovasi untuk mengatasi problem tersebut.

Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (3/11/2020) inovasi tersebut dilakukan dengan cara merancang drone atau pesawat tak berawak secara khusus yang akan membantu mengumpulkan data dari gunung berapi aktif.

Baca juga: Pertama Kali, Peneliti Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Venus

Penggunaan drone itu nantinya dapat membantu komunitas lokal untuk memantau gunung berapi terdekat dan memperkirakan letusan di masa depan.

Pengukuran dengan menggunakan drone juga dapat memberi tahu lebih banyak gunung berapi yang tak dapat diakses dan sangat aktif di planet serta bagaimana mereka berkontribusi pada siklus karbon global.

Peneliti mencoba inovasi ini pada Gunung berapi Manam, di Papua Niugini (PNG) yang merupakan gunung berapi paling aktif di negara itu.

Gunung yang terletak di sebuah pulau di lepas pantai timur laut PNG ini merupakan rumah bagi lebih dari 9.000 orang.

"Manam belum dipelajari secara rinci tetapi kami dapat melihat dari data satelit bahwa gunung ini menghasilkan emisi yang besar," ungkap Emma Liu, ahli vulkanologi dari University College London.

Tim pun mulai menguji dua jenis drone jarak jauh yang dilengkapi dengan sensor gas, kamera, dan perangkat lain selama dua kali yakni pada Oktober 2018 dan Mei 2019.