Kompas.com - 29/06/2020, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menemukan, peristiwa kepunahan massal pertama di Bumi yakni pada jaman Ordovisium Akhir dipicu oleh perubahan iklim yang disebabkan letusan gunung berapi.

Sebelumnya, para ilmuwan meyakini peristiwa kepunahan massal pertama yang terjadi sekitar 450 juta tahun disebabkan perubahan ekstrem di Bumi, yang dikaitkan dengan zaman es.

Suhu Bumi yang sebelumnya hangat mendadak turun drastis dan es pun terbentuk di mana-mana, menyebabkan naikknya permukaan laut serta anjloknya tingkat oksigen di lautan. Keadaan ini yang membuat sekitar 85 persen dari semua spesies berbasis laut lenyap.

Melansir The Independent, Minggu (29/6/2020), sebuah penelitian terbaru menunjukkan, letusan gunung berapi pada jaman Ordovisium Akhir telah berkontribusi terhadap pemanasan global dan menyebabkan kepunahan tersebut.