Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[VIDEO] Teori-teori Konspirasi Sesat Seputar Virus Corona

Kompas.com - 28/06/2020, 19:28 WIB
Sherly Puspita

Penulis

KOMPAS.com - Sejak virus corona mewabah pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China hingga terus menyebar ke seluruh dunia, berbagai teori konspirasi bermunculan dan tak jarang menimbulkan kepanikan.

Teori ini mengarah pada asal-usul virus corona baru yang kemudian dilabeli dengan nama SARS-CoV-2. Teori-teori konspirasi ini dinarasikan dengan begitu meyakinkan, sehingga tak sedikit warga dunia yang percaya.

Sebut saja mengenai rumor asal-usul virus corona yang dibuat di sebuah laboratorium biologis. Klaim rumor ini, seperti dilansir dari Live Science, Senin (20/4/2020), juga menyebut virus ini dibuat sebagai senjata biologis atau bioweapon.

Baca juga: Mengapa Bill Gates Sering Jadi Sasaran Tudingan Teori Konspirasi Virus Corona?

 

Serangkaian penelitian dilakukan oleh banyak peneliti dan ilmuwan yang pada akhirnya tidak menemukan satu pasien pun dengan virus corona yang dapat menunjukkan asal virus ini.

Para peneliti membuktikan dengan menunjukkan bukti jika virus corona ini ditularkan secara alami yang muncul dari inang hewan, kemungkinan kelelawar dan tidak direkayasa oleh manusia. 

Tak hanya itu, masih banyak lagi teori-teori konspirasi sesat yang menjadi begitu populer. 

Simak selengkapnya dalam video berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com