Ribuan Tahun Lalu, Alpen Sudah Ramai dengan Aktivitas Manusia

Kompas.com - 20/10/2020, 07:03 WIB
Pegunungan alpen di Swiss Pegunungan alpen di Swiss

KOMPAS.com - Hingga awal 1990-an peneliti meyakini jika orang-orang zaman prasejarah menjauhi pegunungan yang tinggi.

Namun sejumlah penemuan mengejutkan di wilayah dataran tinggi, seperti salah satunya di pegunungan Alpen, menunjukkan bahwa pegunungan telah ramai dengan aktivitas manusia selama ribuan tahun.

Seperti dilansir dari Science Alert, Senin (19/10/2020); arkeolog menemukan jejak perburuan kuno yang berasal dari era Mesolitikum sekitar 9.500 tahun yang lalu di pegunungan Alpen.

Manusia purba tersebut dipercaya mendaki gunung ke lembah atau pegunungan terdekat untuk berburu dan mencari bahan mentah.

Baca juga: Es Berwarna Pink Muncul di Pegunungan Alpen, Fenomena Apa Itu?

"Kami tahu sekarang bahwa orang mendaki gunung hingga ketinggian 3.000 meter mencari kristal dan bahan utama lainnya," ungkap Christian auf der Maur, arkeolog yang berpartisipasi dalam ekspedisi di pegunungan Alpen.

Temuan di Pegunungan Alpen

Beberapa bukti-bukti aktivitas manusia purba yang pernah ditemukan di pegunungan antara lain didapat di lintasan Schnidejoch, jalan setapak di Bernese Alps (2756 meter).

Pada tahun 2003, peneliti menemukan batang pohon birch yang berasal dari tahun 3000 sebelum masehi (SM). Selain itu juga ada celana dan sepatu kulit juga ditemukan bersama benda lain yang berasal dari 4500 SM.

Bahan-bahan organik seperti kulit, kayu, dan tekstil biasanya akan hilang karena erosi, namun suhu dingin menjaga bahan-bahan itu tetap utuh di dalam es.

Baca juga: 30.000 Tahun Lalu, Penghuni Dataran Tinggi Pertama Hidup di Ethiopia

Nah, mencairnya gletser di pegungungan Alpen akibat perubahan iklim rupanya telah menjadi "berkah" tersembunyi bagi para arkeolog.

Pasalnya, fenomena ini mengungkap temuan-temuan situs arkelogi di dataran tinggi, sehingga memberikan kesempatan bagi berbagai pihak untuk memahami tentang kehidupan di pegunungan ribuan tahun yang lalu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X