Long Covid, Dampak Jangka Panjang Infeksi Corona dan Gejalanya

Kompas.com - 17/10/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi pasien infeksi virus corona, pasien Covid-19. Shutterstock/Pordee AomboonIlustrasi pasien infeksi virus corona, pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Covid panjang ( long Covid) adalah dampak jangka panjang infeksi virus corona. Menurut studi yang dilakukan lembaga riset kesehatan di Inggris, kondisi ini bisa memengaruhi orang dengan empat cara.

Ini pun bisa menjelaskan alasan mereka yang mengalami gejala berkepanjangan tidak dipercaya atau dirawat.

Orang yang hidup dengan Covid-19 jangka panjang bisa merasakan dampak psikologis yang sangat besar, menurut laporan dari National Institute for Health Research.

Mereka butuh lebih banyak dukungan dan staf tenaga kesehatan perlu informasi yang lebih baik.

Baca juga: 1 dari 4 Orang Muda yang Terinfeksi Corona Gejalanya Lebih Lama Sembuh

Pengalaman yang mengubah hidup

Kebanyakan orang diberi tahu bahwa mereka akan pulih dari infeksi virus corona ringan dalam dua pekan, dan dari penyakit yang lebih serius dalam tiga pekan.

Namun laporan tersebut mengatakan ribuan orang bisa hidup dengan Long Covid atau Covid berkepanjangan.

Dan dengan peningkatan kasus virus corona di seluruh Inggris, angka ini juga diperkirakan meningkat dalam beberapa bulan ke depan.

Berdasarkan wawancara dengan 14 anggota grup dukungan bagi penderita Long Covid di Facebook dan publikasi hasil penelitian terbaru, studi telaah itu mendapati sejumlah gejala berulang yang memengaruhi segala hal mulai dari pernapasan, otak, jantung dan sistem kardiovakuler sampai ke ginjal, usus, liver, dan kulit.

Gejala-gejala tersebut bisa diakibatkan oleh empat macam sindroma:

  • Cedera organ permanen di paru-paru dan jantung
  • Sindroma pasca-perawatan-intensif
  • Sindroma kelelahan pasca-viral
  • Gejala Covid-19 yang berlanjut

Beberapa orang yang terdampak telah dirawat cukup lama di rumah sakit karena Covid-19 parah - tapi yang lainnya, yang hanya mengalami infeksi ringan, bahkan belum pernah dites atau didiagnosis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X