Malam Ini, Bulan Sabit Tua dan Super New Moon Hiasi Langit Indonesia

Kompas.com - 16/10/2020, 17:07 WIB
Ilustrasi Bulan ShutterstockIlustrasi Bulan

KOMPAS.com - Malam ini akan ada dua fenomena langit yang bisa Anda amati sejak sore hari Jumat (16/10/2020) hingga dini hari besok Sabtu (17/10/2020).

Berdasarkan keterangan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), kedua fenomena tersebut adalah ketampakan terakhir bulan sabit tua dan super new moon (bulan baru super).

Berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Bulan Sabit Tua

Bulan sabit tua ini dapat Anda saksikan pada Jumat (16/10/2020) sejak pukul 17.00 WIB hingga terbit matahari yaitu pada pukul 05.30 WIB, dengan jarak toposentris 357.201 kilometer.

Iluminasi bulan yang terjadi adalah 1,37 persen dan lebar sudut 0,46 menit busur.

Baca juga: Fenomena Langit Oktober: Hujan Meteor Draconids hingga Asteroid 2020 SX3

Untuk diketahui, iluminasi bulan adalah besarnya bagian cakram bulan yang tersinari dan menghadap ke bumi dan bisa dilihat dari bumi.

Bulan sabit tua kali ini berumur 28 hari 11,5 jam, elongasi dan terbit dari arah timur di konstelasi Virgo.

Bulan sabit tua ini dapat Anda saksikan tanpa bantuan alat optik atau bisa dengan mata telanjang, jika cuaca di sekitar Anda cerah dan bebas polusi cahaya.

2. Super new moon

Bulan baru super atau super new moon adalah fase bulan baru yang waktu kejadiannya berdekatan dengan perigee bulan.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging mengatakan bahwa perigee bulan itu sendiri merupakan kondisi bulan yang berada agak dekat dari bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X