Kompas.com - 01/08/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi fenomena Snowball Earth, jika Bumi kehilangan sinar matahari, para ilmuwan mencoba mensimulasikan faktor pemicu dan kemungkinan penyebabnya. NASAIlustrasi fenomena Snowball Earth, jika Bumi kehilangan sinar matahari, para ilmuwan mencoba mensimulasikan faktor pemicu dan kemungkinan penyebabnya.

KOMPAS.com - Sinar matahari adalah sumber kehidupan bagi semua mahluk di Bumi. Para ilmuwan mengungkapkan planet yang kita tinggali ini ternyata bisa melepaskan hawa dingin.

Lalu apa yang akan terjadi jika Bumi kehilangan sinar matahari?

Tidak semua zaman es sama brutalnya, bahkan dalam peristiwa glasial paling ekstrem yang pernah dicatat dalam sejarah sains, es membentang dari wilayah kutub Bumi dan meluas hingga ke garis lintang yang lebih rendah.

Secara harafiah, kondisi ini akan membentuk kembali wajah planet.

Melansir Science Alert, Sabtu (1/8/2020), bukti transisi epik semacam ini dapat ditemukan dalam catatan geologis, paling baru yakni dalam glasiasi hebat selama periode Cryogenian.