Cegah Kontaminasi, NASA Perbaharui Panduan Kunjungan ke Luar Angkasa

Kompas.com - 12/07/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi astronot NASA dalam misi Artemis yang akan kembali ke Bulan pada tahun 2024 mendatang. Akibat wabah virus corona, pembuatan roket atau wahana antariksa, Orion harus ditunda. NASAIlustrasi astronot NASA dalam misi Artemis yang akan kembali ke Bulan pada tahun 2024 mendatang. Akibat wabah virus corona, pembuatan roket atau wahana antariksa, Orion harus ditunda.


KOMPAS.com- Penjelajahan luar angkasa menjadi target ambisius manusia. Eksplorasi ini selain bertujuan menemukan planet baru yang layak huni, juga mempelajari benda-benda lain di luar angkasa.

Namun ternyata saat para astronot ini pergi ke luar angkasa, mereka ikut membawa kontaminasi biologis, seperti bakteri yang bisa saja berpotensi mencemari tempat yang mereka injak.

Melansir The Verge, Kamis (9/7/2020) beberapa persyarataan yang dikeluarkan badan antariksa Amerika Serikat ( NASA) untuk menjelajah luar angkasa pun dibuat, disebut Outer Space Treaty atau Perjanjian Luar Angkasa.

Baca juga: NASA Membuat Foto Luar Angkasa Menjadi Musik, Bikin Merinding

Dalam perjanjian itu diatur cukup ketat bagaimana pengiriman wahana luar angkasa berawak maupun tidak, untuk menghindari kontaminasi.

Dengan begitu, jika kita menemukan bentuk kehidupan di dunia lain, maka kita akan tahu bahwa dari mana sesuatu itu berasal.

Astronot berjalan di permukaan Bulansciencemag Astronot berjalan di permukaan Bulan

Baca juga: Kolaborasi Nasa, ESA dan JAXA Kumpulkan Data Ilmiah dari Dampak Covid-19

 

Perjanjian juga difokuskan untuk menjaga keamanan manusia, memastikan tak akan memusnahkan umat, kalau astronot membawa pulang sesuatu ke Bumi.

Kini, setelah sekian lama tak direvisi, NASA berencana untuk memperbaruhi kebijakan tersebut. Ada dua peraturan yang mendapatkan pembaharuan.

Pertama adalah peraturan yang disebut NID 8715.128 yang mencakup misi manusia dan robot ke Bulan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X