Bumi Makin Panas, Ini Prediksi PBB Suhu Global 5 Tahun Mendatang

Kompas.com - 09/07/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi suhu panas ShutterstockIlustrasi suhu panas


KOMPAS.com - Setiap 5 tahun, PBB mengungkapkan rata-rata suhu global tahunan berada 1 derajat di atas periode pra-industri.

Hal itu diungkapkan Organisasi Meteorologi Dunia ( WMO), salah satu badan PBB yang mengurusi bidang cuaca dan iklim, Kamis (9/7/2020).

Melansir Science Alert, WMO mengatakan ada peluang 20 persen, di mana kondisi saat ini akan melebihi 1,5 derajat Celcius, di atas level suhu yang terjadi pada tahun 1850 hingga 1900-an, dalam setidaknya satu tahun.

Prediksi iklim tahunan untuk lima tahun mendatang juga mengungkapkan periode lima tahun terakhir tercatat sebagai lima tahun terhangat bagi Bumi.

Baca juga: Suhu Kutub Selatan Menghangat 3 Kali Lipat Dibanding Wilayah Lain

Hampir semua wilayah, kecuali di wilayah lautan selatan, suhunya cenderung hangat dibandingkan masa lalu, yang didefinisikan antara tahun 1981 hingga 2010.

"Studi ini menunjukkan adanya tantangan besar ke depan dalam memenuhi target Perjanjian Paris tentang Perubahan Iklim," kata sekretaris jenderal WMO, Petteri Taalas.

Dalam perjanjian itu, komitmen yang tercantum yakni upaya menjaga kenaikan suhu global abad ini agar jauh dari 2 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Ilustrasi perubahan iklimShutterstock Ilustrasi perubahan iklim

Baca juga: PBB: Perubahan Iklim Harus Dilawan seperti Pandemi Virus Corona

Selain itu, untuk mengejar upaya membatasi suhu meningkat lebih jauh hingga 1,5 derajat Celcius.

Perubahan suhu global 5 tahunan

Untuk diketahui, Perjanjian Paris 2015 berupaya membatasi kenaikan suhu global melalui pengurangan emisi gas rumah kaca.

Saat ini, dunia tengah menghadapi krisis pandemi virus corona, Covid-19.

Sayangnya, prakiraan WMO tidak memperhitungkan perubahan emisi gas rumah kaca dan aerosol akibat dari berhentinya aktivitas industri dan ekonomi yang dipicu oleh pandemi ini.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X