Suhu Kutub Selatan Menghangat 3 Kali Lipat Dibanding Wilayah Lain

Kompas.com - 30/06/2020, 12:30 WIB
Pada 2015, ilmuwan NASA memperingatkan lapisan es Larsen B di Antartika kemungkinan akan pecah menjadi ratusan gunung es sebelum akhir dekade ini. NSIDC / Ted ScambosPada 2015, ilmuwan NASA memperingatkan lapisan es Larsen B di Antartika kemungkinan akan pecah menjadi ratusan gunung es sebelum akhir dekade ini.

KOMPAS.com - Kutub Selatan menghangat tiga kali lebih cepat dibandingkan bagian Bumi lainnya dalam 30 tahun terakhir. Menurut studi terbaru, hal ini didorong karena menghangatnya suhu laut tropis.

Temperatur Benua Antartika memang sangat bervariasi sesuai dengan musim dan wilayah. Tapi selama bertahun-tahun diperkirakan suhu Kutub Selatan tetap saja dingin, bahkan ketika suhu benua itu memanas.

Namun kini temperatur Kutub Selatan menghangat tiga kali lebih cepat dari wilayah lainnya.

Hal ini mendorong para peneliti di Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat untuk menganalisis data stasiun cuaca selama 60 tahun terakhir guna mengetahui apa penyebab percepatan pemanasan itu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pemodelan komputer.

Para peneliti menemukan, suhu lautan yang lebih hangat di Pasifik barat selama beberapa dekade telah menurunkan tekanan atmosfer di atas Laut Weddell di Atlantik selatan.

Kondisi tersebut telah meningkatkan aliran air yang hangat langsung ke Kutub Selatan, menghangatkannya lebih dari 1,83 derajat celsius sejak tahun 1989.