Studi Baru: Jalan dan Bersepeda ke Kantor Kurangi Risiko Kematian Dini

Kompas.com - 20/05/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi bersepeda moodboardIlustrasi bersepeda

KOMPAS.com - Studi baru menunjukkan orang yang berjalan, bersepeda, atau menggunakan kereta untuk pergi bekerja, memiliki risiko lebih rendah akan kematian dini atau terkena penyakit ketimbang orang yang berpergian mengendarai kendaraan bermotor pribadi, seperti mobil.

Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti dari Imperial College London dan University of Cambridge pada 300.000 pekerja di Inggris dan Wales.

Studi yang telah dipublikasikan di The Lancet Planetary Health tersebut menggunakan data sensus untuk melacak orang yang sama hingga 25 tahun, sepanjang tahun 1991-2016.

Baca juga: Update Corona 20 Mei: 4,98 Juta Orang Terinfeksi dan 1,95 Juta Sembuh

Hasilnya dibandingkan dengan orang yang pergi bekerja menggunakan kendaraan bermotor pribadi, orang yang bersepeda memiliki tingkat kematian dini yang berkurang 20 persen.

Tak hanya itu, bersepeda juga mengurangi 24 persen risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yaitu serangan jantung dan stroke.

Serta mengurangi tingkat kematian akibat kanker sebesar 16 persen dan mengurangi tingkat diagnosis mengidap kanker sebesar 11 persen.

Sementara pada orang yang pergi bekerja dengan berjalan kaki mengurangi 7 persen risiko diagnosis kanker dibandingkan dengan orang yang menggunakan kendaraan bermotor pribadi.

Pada orang yang pergi bekerja menggunakan kereta memiliki tingkat kematian dini yang berkurang 10 persen, tingkat kematian akibat penyakit kardiovaskular yang berkurang 20 persen, dan tingkat diagnosis kanker yang berkurang 12 persen.

Ini kemungkinan disebabkan kebiasaan mereka yang berjalan atau bersepeda ke titik transit.

Baca juga: Sembari Menunggu Vaksin, Ini 6 Rekomendasi LIPI Beradaptasi dalam Pandemi Covid-19

Dr Richard Patterson dari Unit Epidemiologi MRC di Universitas Cambridge yang juga memimpin penelitian ini, mengatakan usai penutupan wilayah akibat pandemi Covid-19 dilonggarkan atau bahkan dicabut, maka semua orang harus berpikir ulang untuk memilih moda transportasi yang digunakan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X