Sains Talk: Stop Rebahan, Simak Kiat-kiat Olahraga di Rumah

Kompas.com - 18/05/2020, 17:35 WIB
dr Michael Triangto, SpKO, Sports Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapy dr Michael Triangto, SpKO, Sports Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapydr Michael Triangto, SpKO, Sports Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapy

KOMPAS.com - Sudah dua bulan berlalu sejak Presiden Joko Widodo menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Sebanyak 20 wilayah juga telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sayangnya, banyak orang lantas menjadi kurang gerak ketika menghabiskan seluruh waktunya di rumah. Perubahan gaya hidup ini malah memperpanjang waktu rebahan dalam sehari.

Nah, bagaimana dampak perubahan hidup menjadi kurang gerak dan sering rebahan ini pada kesehatan? Lalu, bagaimana cara berolahraga di rumah saja tanpa menciderai diri?

Baca juga: Olahraga Idealnya 3 hingga 5 Kali Seminggu, Ini Alasannya

Kompas.com berkolaborasi dengan dr Michael Triangto, SpKO, Sports Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapy untuk membahasnya dalam Sains Talk bertajuk "Stop Rebahan, Simak Kiat-kiat Olahraga di Rumah".

Sains Talk ini akan ditayangkan secara live di Instagram Kompas.com, @kompascom, pada Rabu (20/5/2020) pukul 14.00 WIB.

Seorang dokter spesialis kesehatan olahraga, dokter Michael menamatkan pendidikannya dari Fakultas Kedokteran Atmajaya-Jakarta pada 1987. Setelah itu, dia menyelesaikan Program Studi Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 1996.

Sejak tahun 2002 hingga sekarang, dokter Michael menjabat sebagai Direktur Slim + Health Sports Therapy di RS Mitra Kemayoran, Jakarta Pusat & Arjuna Utara-Jakarta Barat.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ini 3 Jenis Olahraga Rekomendasi Dokter Ahli

Dia juga berperan sebagai Koordinator Sports Medicine PP. PBSI, Litbang PBSI & Sports Medicine dan Tim Ahli Indonesian Golf Association DKI Jakarta.

Antara 1994-2001, dokter Michael juga menjadi Sports Medicine Specialist untuk Thomas & Uber Cup, Sudirman, World Cup, SEA Games, Asian Games & Olympic Games.

Dalam Sains Talk bersama Kompas.com, dokter Michael akan menjelaskan dampak buruk gaya hidup sedentary terhadap kesehatan.

Selain itu, dia juga akan membagikan kiat-kiat berolahraga di rumah, mulai dari kapan waktu untuk berolahraga, durasi dan intensitas yang tepat hingga cara melakukan olahraga yang benar tanpa menciderai diri sendiri.

Selama acara berlangsung, Anda juga bisa bertanya kepada dokter Michael dengan menuliskan pertanyaan di box Q&A.

Jadi, jangan sampai Anda melewatkan Sains Talk "Stop Rebahan, Simak Kiat-kiat Olahraga di Rumah" yang akan ditayangkan di Instagram resmi Kompas.com, @kompascom, pada Rabu (20/5/2020) pukul 14.00 WIB.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X