Modal Sosial Disebut Penting Lawan Corona di Indonesia, Apa Maksudnya?

Kompas.com - 26/04/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, virus corona ShutterstockIlustrasi pasien virus corona, virus corona

KOMPAS.com - Wabah pandemi Covid-19 telah ditetapkan sebagai bancana nasional oleh pemerintah Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, modal sosial penting dalam pencegahan penyebaran virus corona yang semakin masif ini.

Virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 telah ditetapkan sebagai status bencana nasional dalam Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional.

Bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana pada 26 April, ahli mengingatkan semestinya ini dijadikan momentum untuk menyadari perlunya pemahaman mitigasi bencana di semua aspek, terutama modal sosial.

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, membagi bencana menjadi bencana alam, nonalam, dan sosial.

Baca juga: 3 Sel Manusia yang Paling Rentan Terinfeksi Virus Corona Baru

Untuk diketahui, bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.

Dalam kasus Covid-19 ini, bencana nonalam yang dimaksud sudah ditingkat pandemi sesuai dengan pernyatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dijelaskan oleh Kepala Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Herry Yogaswara bahwa dalam bencana nonalam atau kasus pandemi Covid-19 ini ternyata tidak banyak pihak-pihak yang telah sigap mengantisipasi pandemi yang di depan mata, meski Indonesia sendiri sudah pernah mengalami wabah seperti flu burung beberapa tahun lalu.

Ketidaksigapan ini, menurut Herry, berakibat pada timbulnya dampak sosial di masyarakat seperti kepanikan dan masalah sosial lain yang muncul setelahnya.

Padahal, ia menegaskan kekuatan modal sosial telah terbukti di masyarakat dalam menghadapi dan mempercepat pemulihan bencana alam dan nonalam.

Contohnya adalah tragedi tsunami Aceh 2004, gempabumi Yogyakarta tahun 2006, dan erupsi Gunung Merapi tahun 2010.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X