Jejak Kaki Dinosaurus Raksasa Menempel di Langit-langit Gua Perancis

Kompas.com - 14/04/2020, 19:00 WIB
Jejak dinosaurus raksasa menempel di langit-langit gua Perancis. Journal of Vertebrate Paleontology/IFL ScienceJejak dinosaurus raksasa menempel di langit-langit gua Perancis.

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan jejak kaki dinosaurus prasejarah di langit-langit gua di Perancis.

Meski menempel di langit-langit gua setinggi 1,25 meter, bukan berarti di masa lalu dinosaurus raksasa bisa menempel di dinding seperti Spidermen.

Pemandangan memukau ini menunjukkan kekayaan penemuan prasejarah yang bersembunyi di sekitar kita.

Baca juga: Ilmuwan Rekonstruksi Fosil Embrio Dinosaurus Secara Digital

Peneliti dari University of Burgundy-Franche-Comté menemukan tiga jalur dinosaurus selama ekspedisi tahun 2015 di sekitar Gua Castelbouc yang terletak di bawah dataran tinggi Causse Méjean di Perancis selatan.

Dalam laporan penemuan yang terbit di jurnal Vertebrate Paleontology, para ahli menuliskan jejak kaki dinosaurus itu kemungkinan besar berusia 166 juta hingga 168 juta tahun lalu.

Menariknya lagi, jejak kaki tersebut dalam keadaan sangat baik hingga tampak jelas bentuk cakar, jari, dan telapak kakinya.

Ahli yakin, jejak kaki ini miliki beberapa dinosaurus terbesar yang diketahui di seluruh dunia.

Dari perkiraan umur, diketahui bahwa dinosaurus itu berasal dari zaman Jurasik Jengah ketika dinosaurus sauropoda berevolusi.

Namun dari ukuran jejak kaki yang tertinggal, ahli menduga itu adalah milik titanosaurus, kelompok sauropoda berleher panjang dan merupakan hewan darat terbesar yang pernah ada. Ini seperti Patagotitan sepanjang 121 meter yang dulu berkeliaran di selatan Argentina.

Ilustrasi titanosaurus, dinosaurus terbesar yang pernah hidup.Shutterstock Ilustrasi titanosaurus, dinosaurus terbesar yang pernah hidup.

Lantas, bagaimana jejak kaki dinosaurus raksasa itu ada di atap gua?