Sembuh dari Covid-19, Menurut WHO ini Rerata Waktu Penyembuhan Corona

Kompas.com - 02/04/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona


KOMPAS.com- Sejak awal teridentifikasi dua pasien terinfeksi virus corona pada 2 Maret lalu, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin bertambah.

Data per tanggal 1 April 2020, jumlah kasus positif mencapai 1.677 pasien, 157 pasien meninggal dunia dan 103 orang sudah sembuh, dan 1.417 pasien masih dalam perawatan.

Kendati pasien Covid-19 yang sembuh sudah mencapai 103 orang, tetapi hal ini disebut-sebut menunjukkan angka penyembuhan pasien tersebut di Indonesia terbilang lambat.

Lantas berapa lama rata-rata seorang pasien bisa melewati Covid-19 dan dinyatakan sembuh?

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Pria Jepang Kena Corona Lagi, Ini Penjelasannya

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH, mengatakan memang pemulihan atau penyembuhan pasien Covid-19 ini terlihat lambat.

"Recovery (pemulihan) pasien-pasien yang dirawat ini kelihatannya memang cukup lama ya," kata Panji saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Seperti diketahui, masa inkubasi seseorang terinfeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini adalah 14 hari.

Dalam masa itu, kata Panji, umumnya seseorang akan mulai merasakan sakit adalah sekitar hari ke empat setelah terinfeksi virus corona.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X