Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2020, 12:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis


KOMPAS.com – Seekor kucing peliharaan di Hongkong baru-baru ini mendapatkan hasil positif untuk tes Covid-19. Kucing tersebut tidak menunjukkan gejala apapun terkait penyakit yang diakibatkan oleh virus SARS-CoV-2 tersebut.

Sampel diambil dari mulut, hidung, dan rektum kucing peliharaan. Ini adalah hewan peliharaan ketiga yang dites laboratorium dan mendapatkan hasil positif Covid-19 di Hongkong.

Sebelumnya, dua anjing peliharaan mendapatkan hasil positif lemah usai tes Covid-19 beberapa kali. Hewan keempat yang mendapatkan hasil positif Covid-19 berada di Belgia.

Baca juga: Kasus Pertama, Kucing di Belgia Tertular Virus Corona dari Pemiliknya

Mengutip The Straits Times, Kamis (2/4/2020), hal itu diungkapkan oleh Departemen Pertanian dan Perikanan Hongkong pada Selasa (31/3). Juru bicara departemen menyebutkan bahwa saat ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan merupakan sumber Covid-19.

Ilustrasi anjing pakai masker.SHUTTERSTOCK/Akespyker Ilustrasi anjing pakai masker.

Namun, dengan bukti lab yang positif, pihaknya menghimbau para pemilik hewan peliharaan untuk memperhatikan kebersihan dengan baik.

Baca juga: Update Corona 2 April: 935.750 Kasus di 203 Negara, 194.277 Sembuh

Hingga saat ini lewat situsnya, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa tidak ada bukti virus corona bisa ditransmisikan pada hewan peliharaan seperti anjing atau kucing.

Meski begitu, petugas medis di Hongkong terus memonitor dan memeriksa hewan-hewan peliharaan tersebut. Asosiasi Dokter Hewan Hongkong menyebutkan alasan yang masuk akal yang menyebabkan hewan positif corona adalah kontak yang terlalu dekat dengan pemiliknya.

Namun, transmisi dari hewan peliharaan disebut tidak signifikan.

 Agar Selalu Sehat di Sekitar Hewan Peliharaan

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa virus corona memang disinyalir berasal dari hewan, yang ditransmisikan pada manusia.

Namun, untuk transmisi dari hewan peliharaan, kasusnya sangat jarang bahkan bisa dibilang belum ada hingga sekarang.

Meski begitu, ada baiknya pemilik hewan peliharaan menerapkan konsep hidup bersih dan sehat dengan cara sebagai berikut:

1. Cuci tangan usai memegang hewan peliharaan, makanan, serta kotoran mereka
2. Praktekkan higienitas tinggi dan bersihkan badan usai berkontak dengan hewan peliharaan
3. Bawa hewan peliharaan ke dokter hewan secara rutin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com