Kasus Pertama, Kucing di Belgia Tertular Virus Corona dari Pemiliknya

Kompas.com - 30/03/2020, 12:01 WIB
Ilustrasi kucing bersiap menerkam mangsa Ilustrasi kucing bersiap menerkam mangsa

KOMPAS.com - Seekor kucing di Belgia dilaporkan positif terinfeksi Covid-19, penyakit yang disebabkan vrius corona baru SARS-CoV-2 dan telah menjadi pandemi global.

Hal itu diumumkan pada Jumat (27/3/2020) oleh FPS Public Health, Food Chain Safety and Environment Belgia.

Kasus ini adalah transmisi virus corona baru SARS-CoV-2 pertama dari manusia ke kucing.

"Seminggu setelah pemiliknya terinfeksi Covid-19, setelah melakukan perjalanan dari Italia utara, kucingnya menunjukkan gejala Covid-19 seperti diare, muntah, dan ada gangguan pernapasan," kata Stevan Van Gucht, ahli virologi dan juru bicara untuk epidemi virus corona di Belgia, dilansir Live Science, Senin (30/3/2020).

Baca juga: Panduan Mencegah Corona, Saat Barang dari Luar Masuk ke Dalam Rumah

Pemilik kucing tersebut kemudian mengirim sampel muntahan dan tinja kucingnya ke laboratorium Dr. Daniel Desmecht di Fakultas Kedokteran Hewan Liège.

"Tes genetik menunjukkan tingginya tingkat virus SARS-CoV-2 dalam sampel tersebut. Kucing itu sembuh setelah 9 hari," kata Van Gucht.

Van Gucht menduga, kucing dan manusia mungkin memiliki "kenop pintu" yang sama pada saluran pernapasan, yang memungkinkan virus SARS-CoV-2 masuk dan menginfeksi tubuh.

Pada manusia, para ilmuwan telah menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 menempel pada protein reseptor yang disebut ACE-2, yang ada di luar saluran pernapasan. Begitu berada di dalam sel pernapasan, virus akan menginfeksi tubuh.

"Protein ACE2 kucing menyerupai homolog ACE2 manusia, yang kemungkinan besar adalah reseptor seluler yang digunakan oleh SARS-CoV-2 untuk masuk ke sel," kata Van Gucht.

Dia menambahkan, ketika wabah SARS muncul di tahun 2003, kujing juga terinfeksi virus corona yang menyebabkan SARS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X