Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peluncuran Astronot NASA dan SpaceX ke ISS Ditunda

KOMPAS.com - Semestinya, NASA dan SpaceX mengirim beberapa astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Senin (27/2/2023). Peluncuran kru dijadwalkan pada pukul 01.45 EST waktu setempat, namun kemudian ditunda.

Dilansir dari Reuters, peluncuran kapsul ini pun harus ditunda beberapa menit sebelum jadwal lepas landas.

Misi luar angkasa NASA dan SpaceX ini mengirim dua astronot Amerika Serikat, seorang kosmonot Rusia dan seorang kru dari Uni Emirat Arab, menuju ISS.

Menurut badan antariksa AS dan perusahaan roket milik Elon Musk ini, penundaan peluncuran misi ini, disebabkan oleh kesalahan teknis terkeit cairan pengapian yang digunakan untuk menyalakan mesin pesawat antariksa.

Tim telah melakukan hitungan mundur, namun sampai sekitar dua setengah menit sebelum peluncuran, NASA mengumumkan peluncuran empat awak dalam misi luar angkasa ke ISS ini ditunda.

Roket SpaceX yang semestinya membawa empat astronot ini, dijadwalkan meluncur pada pukul 01.45 EST, waktu setempat, dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida.

Kendati demikian, baik NASA maupun SpaceX, masih belum mengatakan kembali, kapan peluncuran siap dilakukan kembali.

Seandainya peluncuran awak misi luar angkasa ke ISS ini berjalan lancar sesuai jadwal, maka setidaknya para astronot ini akan membutuhkan waktu sekitar 25 jam untuk sampai ke stasiun luar angkasa.

Crew 6, sebutan untuk tim astronot dalam misi tersebut, rencananya akan melakukan sejumlah misi sains di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama 6 bulan.

Awak baru ISS ini dipimpin oleh Stephen Bowen, perwira kapal selam Angkasa Laut AS, yang memiliki rekam jejak sebagai veteran dari tiga penerbangan pesawat ulang-alik selama 40 hari dan tujuh perjalanan ruang angkasa.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/02/27/194200523/peluncuran-astronot-nasa-dan-spacex-ke-iss-ditunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke