Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuda Poni Dikenal Cerdas dan Bersahabat, tapi 3 Hal Ini Bisa Membuatnya Agresif

Kuda poni dikenal karena kecerdasannya, karena dapat mempelajari banyak trik dan tugas baru dengan mudah. Mereka juga cenderung menunjukkan kepribadian yang lebih dominan.

Tetapi di sisi lain, kuda poni juga memiliki kepribadian negatif. Terkadang orang bisa terkejut dengan perilaku agresif mereka. Bahkan dalam beberapa kasus, kuda poni bisa menggigit.

Ada berbagai alasan yang membuat kuda poni agresif. Selain itu, karakteristik kuda poni juga bergantung pada ras dan cara perawatannya.

3 Hal yang membuat kuda poni agresif

Kuda poni cenderung menjadi agresif dalam beberapa situasi berbeda, seperti berikut ini.

1. Didekati orang asing

Ketika didekati seseorang yang asing dan tidak dikenal, ini dapat membuat kuda poni merasa terancam dan bersikap agresif.

Perilaku agresif ini sering kali merupakan refleks defensif, tapi untungnya, relatif mudah untuk memerangi perilaku semacam ini.

Saat Anda akan berkenalan dengan kuda poni, pastikan ada seseorang yang akrab dengan kuda poni tersebut di dekat Anda.

Kehadiran seseorang yang akrab akan menenangkan kuda poni dan mencegah perilaku agresif.

Kemungkinan dibutuhkan beberapa waktu sampai kuda poni merasa nyaman dengan kehadiran orang baru.

2. Dipaksa melakukan sesuatu

Kuda poni juga bisa keras kepala, terutama ketika Anda mencoba membuat mereka melakukan sesuatu yang tidak ingin mereka lakukan.

Mereka akan menolak untuk melakukan apa pun yang mungkin membuat mereka terluka.

Karena itu, Anda perlu melakukan proses pelatihan sedikit lebih lambat, terutama jika Anda mencoba membuat mereka melakukan trik yang lebih berbahaya.

3. Usia kuda poni

Perlu dicatat, bahwa usia kuda poni kemungkinan juga berdampak pada perilaku mereka. Dalam kebanyakan kasus, dibutuhkan sekitar sepuluh tahun untuk seekor kuda poni mencapai kedewasaan.

Pada usia yang lebih muda, mereka akan cenderung berperilaku tidak baik atau melampaui batas. Kuda poni yang berusia lebih tua, bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk menghindari perilaku agresif kuda poni.

Apakah kuda poni berbahaya?

Kuda poni mungkin menunjukkan beberapa perilaku agresif ketika ingin menegaskan dominasi mereka atau ketika mereka merasa terancam, tapi pada dasarnya mereka tidak berbahaya.

Dalam kebanyakan kasus, kuda poni menunjukkan agresivitas mereka dengan menggigit. Meskipun ini mungkin mengejutkan, biasanya itu tidak akan menyebabkan luka parah.

Namun, ini tentu membuat para orangtua tak akan membiarkan anak-anak kecil di sekitar kuda poni sampai dijinakkan, sebagai tindakan pencegahan keamanan.

Menjinakkan kuda poni

Salah satu cara terbaik untuk menghentikan kuda poni bertindak agresif adalah dengan menjinakkannya.

Menjinakkan kuda poni dengan benar membutuhkan banyak fokus dan waktu untuk menetapkan batasan.

Hal pertama yang harus dilakukan pemilik kuda poni adalah menghabiskan waktu berkualitas dengannya.

Ada beberapa rutinitas latihan sederhana yang perlu dilakukan untuk membantu menciptakan ikatan yang kuat antara pemilik dan kuda poni. Dengan demikian, kuda poni tidak akan bertindak agresif di sekitar Anda.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/30/080500223/kuda-poni-dikenal-cerdas-dan-bersahabat-tapi-3-hal-ini-bisa-membuatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke