Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kulit, Cegah Jerawat hingga Bibir Kering

KOMPAS.com - Daun kelor adalah salah satu tanaman ajaib yang juga dikenal sebagai superfood. Kandungan nutrisi dalam daun kelor diyakini sangat baik untuk kulit, dari mengobati jerawat hingga bibir kering.

Moringa oleifera atau kelor adalah ramuan yang telah digunakan selama berabad-abad yang diyakini memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar.

Pohon kelor merupakan tanaman asli Afrika dan Asia, yang umumnya diolah sebagai teh atau dalam bentuk bubuk. Di beberapa negara, daun kelor menjadi bahan pangan yang diolah ke berbagai jenis masakan.

Namun, manfaat daun kelor yang ajaib ini juga dimanfaat juga dalam berbagai produk kecantikan. Banyak produk kecantikan yang dibuat dengan kandungan daun kelor atau bagian lain dari pohon kelor, seperti dibuat krim kulit, parfum, sampo dan kondisioner.

Banyak juga yang menjadikan daun kelor untuk diekstrak menjadi minyak lalu dijadikan minyak pijat karena minyak kelor mudah menyerap dan membuat kulit menjadi lembut dan halus.

Kelor, Moringa oleifera juga disebut para ahli sebagai tanaman jack of all trades. Sebab, seperti dikutip dari Pharm Easy, kandungan daun kelor sangat kaya akan banyak nutrisi baik, seperti vitamin, mineral, asal amino dan asam lemak pelembab.

Nutrisi-nutrisi inilah yang membuat daun kelor dinilai sangat efektif untuk dimanfaatkan dalam hal perawatan kencantikan. Manfaat ajaib daun kelor untuk kecantikan, terutama sangat baik untuk perawatan kulit.

Apa saja nutrisi atau kandungan daun kelor yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan?

Daun moringa atau daun kelor memiliki banyak nutrisi yang sehat untuk kulit karena di antaranya mengandung vitamin A yang merupakan vitamin untuk membangun kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang sebenarnya juga diproduksi kulit kita.

Selain itu, daun kelor mengandung vitamin C yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, serta daun kelor mengandung vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Berikut manfaat ajaib daun kelor untuk kecantikan, terutama dalam merawat kesehatan kulit.

1. Manfaat ajaib daun kelor untuk cegah penuaan

Kelor yang diolah dalam bentuk bubuk atau minyak membantu memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit. Manfaat daun kelor bubuk atau minyak kelor jika digunakan teratur dapat meremajakan kulit, jika kulit kering dan kusam.

Kandungan daun kelor yang paling utama adalah antioksidan, sehingga manfaat daun kelor untuk kulit dapat dijadikan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit yang menjadi penyebab kerutan pada kulit.

Sedangkan vitamin C pada daun kelor, akan dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Selain itu, kandungan daun kelor juga terdapat bahan kimia, sitokinin yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel pada kulit dan mencegah kerusakan sel.

Antioksidan pada daun kelor juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya untuk kulit.

2. Manfaat daun kelor untuk bibir

Kandungan daun kelor sangat baik untuk melembabkan kulit, tak terkecuali kulit bibir.

Oleh karenanya, tanaman kelor ini juga telah sering menjadi bahan utama dalam pembuatan produk pelembab bibir dan krim bibir.

Manfaat daun kelor untuk kulit sebagai agen pelembab ini dapat membantu menjaga bibir tetap lembut dan halus.

Sedangkan sifat antiseptik pada kelor juga bermanfaat untuk kulit.

Tak heran jika daun kelor juga dapat digunakan untuk mengobati luka pada kulit, lecet, bekas luka bakar, memar, infeksi ruam, bekas terbakar sinar matahari hingga mengobati kulit dari gigitan serangga.

3. Manfaat ajaib daun kelor untuk jerawat

Manfaat daun kelor memiliki sifat antibakteri, sehingga olahan tanaman ini menjadi bubuk daun kelor atau minyak dapat sangat membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Selain itu, manfaat ajaib daun kelor juga digunakan untuk merawat kulit dari flek hitam, menghilangkan noda hitam, jerawat hingga komedo.

Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan terbebas dari jerawat,daun kelor yang diolah menjadi pasta dapat dioleskan pada noda di wajah.

4. Manfaat daun kelor untuk keluarkan racun

Mengkonsumsi bubuk daun kelor, ternyata juga sangat baik untuk tubuh, bahkan untuk kesehatan kulit.

Pasalnya, daun kelor yang diolah sebagai bubuk minuman, dapat membantu memurnikan darah dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Karena akumulasi racun dalam tubuh, juga dapat menjadi penyebab jerawat, sehingga dengan mengeluarkan racun dalam tubuh, maka akan membuat kulit menjadi bersih.

5. Manfaat daun kelor untuk meratakan kulit

Kelor punya manfaat sebagai pelembab serta penghilang noda pada kulit wajah. Minyak kelor bisa digunakan untuk membantu memperbaiki warna kulit secara keseluruhan.

Bintik hitam, jerawat, komedo, warna kulit tidak rata dan lain sebagainya adalah beberapa masalah kulit yang sering dikeluhkan banyak perempuan.

Moringa oleifera atau tanaman daun kelor dapat membantu menghaluskan fitur-fitur masalah kulit tersebut dan membuat kulit wajah tampak bercahaya dan rata.

Ramuan daun kelor tidak hanya bermanfaat untuk kulit Anda tetapi juga memberikan nutrisi penting bagi tubuh.

Manfaat ajaib daun kelor tak hanya dapat memberikan manfaat kesehatan, tetapi manfaat daun kelor juga dapat dijadikan perawatan yang sangat baik untuk kulit.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/26/190200623/manfaat-ajaib-daun-kelor-untuk-kulit-cegah-jerawat-hingga-bibir-kering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke