Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Planet Apa yang Memiliki Bulan Terbanyak di Tata Surya?

KOMPAS.com - Planet di Tata Surya ini masing-masing memiliki satelit alami yang mengelilinginya. Jika Bumi memiliki satu Bulan, maka ada beberapa planet yang ternyata memiliki banyak Bulan, dan planet apa yang mempunyai bulan terbanyak?

Tata Surya adalah tempat bagi berbagai objek luar angkasa termasuk planet berada.

NASA menetapkan planet yang ada di sana menjadi Merkurius, Venus, Mars, Neptunus, Saturnus, Bumi, Uranus, dan Jupiter.

Ketika berbicara planet, terdapat satelit alami yang mengitarinya yakni Bulan. NASA mendefinisikan Bulan sebagai satelit alami yaitu objek padat, tanpa atmosfer.

Mayoritas Bulan pada planet diperkirakan terbentuk dari cincin, atau cakram gas serta debu yang mengelilingi planet-planet di awal pembentukan Tata Surya.

Sebagian besar orang mungkin menganggap hanya Bumi yang memiliki Bulan. Padahal, planet seperti Jupiter, Uranus, Neptunus hingga Saturnus juga memiliki satelit alaminya sendiri.

Hanya saja, perbedaannya Bulan yang dimiliki planet lain ada yang berjumlah lebih dari satu. Adapun Merkurius dan Venus adalah dua planet yang tidak memiliki Bulan.

Lantas, planet apa di Tata Surya yang memiliki bulan terbanyak?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, rahasia alam semesta membahas mengenai Bulan di planet lain yang telah diketahui oleh para ilmuwan.

Planet dengan Bulan terbanyak

Dilansir dari Phys, Senin (15/8/2022) Saturnus merupakan planet yang memiliki jumlah bulan terbanyak, kemudian diikuti oleh Jupiter.

1. Jumlah Bulan di planet Saturnus

Sejauh ini, tercatat planet bercincin tersebut memiliki 82 bulan. Dari jumlah tersebut, 53 bulan Saturnus di antaranya adalah Bulan yang telah dikonfirmasi.

Sementara 29 sisanya merupakan Bulan sementara planet ini, yang berarti perlu dikonfirmasi dengan pengamatan tambahan.

Jumlah satelit Saturnus ini menjadikan planet bercincin tersebut sebagai planet dengan bulan terbanyak di Tata Surya. 

2. Jumlah Bulan di Jupiter

Planet Jupiter memiliki 79 Bulan di sekitarnya. Seperti Saturnus, 53 bulan Jupiter di antaranya telah dikonfirmasi dan hanya memiliki 26 bulan sementara.

3. Jumlah bulan yang dimiliki Neptunus dan Uranus

Neptunus memiliki bulan keempat terbanyak di Tata Surya. Setidaknya, planet ini memiliki 14 Bulan yang mengitarinya. Sedangkan Uranus mempunyai 27 satelit alami atau Bulan.

Faktanya, banyak bulan yang diberikan nama dari karakter mitologis. Salah satu Bulan milik planet Neptunus disebut "Triton" putra Poseidon, dewa laut Yunani.

Planet apa saja yang memiliki cincin?

Saturnus, Jupiter, Uranus, dan Neptunus semuanya memiliki cincin. Saturnus adalah yang paling terang, dan karena itu planet yang paling dianggap sebagai planet "bercincin".

Cincin Saturnus terdiri dari es dan batu, dan beberapa ilmuwan berpikir pembentukannya mungkin ada hubungannya dengan bulan-bulan yang berlimpah di planet ini.

Sementara itu, para ilmuwan percaya kemungkinan ada hujan berlian di Uranus. Di Saturnus, sebuah video dari BBC Earth menggambarkan skenario di mana awan jelaga, jauh di dalam planet, mencapai titik tekanan sedemikian rupa sehingga potongannya berubah menjadi berlian.

American Scientist juga melaporkan para ilmuwan percaya hujan intan menjadi fenomena di Neptunus dan Uranus, tetapi karena planet-planet itu sangat jauh maka fenomena ini sulit untuk dipelajari.

Menurut The Center for Astrophysics, sebuah kolaborasi antara Harvard dan The Smithsonian, pada Agustus 2022, manusia dapat melihat planet Mars dan Jupiter di langit malam dengan memakai teropong atau teleskop.

Oleh karena itu, keduanya disebut sebagai planet paling terang, dan bulan Agustus dimulai dengan konjungsi Mars dan Uranus.

Pada saat mendekati pertengahan bulan, planet Jupiter dan Bulan akan muncul hanya selebar satu jari dari satu sama lain.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/30/193100323/planet-apa-yang-memiliki-bulan-terbanyak-di-tata-surya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke