Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Gejala Omicron pada Lansia

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 varian Omicron pada lansia merupakan penyakit yang perlu mendapatkan perhatian karena berisiko tinggi. Omicron adalah varian yang sangat mudah menular sehingga perlu diwaspadai.

Gejala Omicron pada lansia

Gejala Omicron pada lansia, sama seperti pada dewasa lainnya dengan gejala seperti flu biasa. Gejala yang paling banyak muncul adalah batuk, pilek, demam, sakit kepala, lelah, dan sakit kepala.

Gejala-gejala khas Covid-19 lainnya seperti kehilangan indra perasa dan penciuman tidak banyak muncul pada penderita varian Omicron. Bahkan, hanya sedikit pasien yang memiliki gejala yang berkaitan dengan saluran pencernaan bagian bawah, seperti sesak napas, termasuk pada pasien lansia.

Secara umum, gejala varian Omicron pada lansia memang jauh lebih ringan dibandingkan varian Delta. Namun, para peneliti menemukan tiga gejala yang lebih banyak muncul pada varian Omicron dibandingkan Delta, yaitu mual, keringat di malam hari, dan sakit punggung bawah.

Walaupun begitu, lansia tetap termasuk kelompok rentan yang mudah merasakan gejala yang lebih berat. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang biasanya lebih lemah dan mudah sakit. Selain itu, lansia biasanya memiliki penyakit penyerta sehingga berisiko menimbulkan gejala yang lebih parah.

Contoh penyakit penyerta yang mungkin menimbulkan komplikasi pada lansia adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Komplikasi ini membuat kondisi pasien berisiko harus dirawat di rumah sakit dan perlu mendapatkan perawatan intensif.

Apa yang harus dilakukan jika lansia terkena varian Omicron

Walaupun gejala yang muncul mungkin ringan, pasien lansia merupakan kelompok rentan. Lansia tidak direkomendasikan untuk dirawat di rumah. Sebaiknya, lansia di rawat di rumah sakit untuk menghindari komplikasi yang lebih lanjut.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/29/163000423/begini-gejala-omicron-pada-lansia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke