Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Khasiat Madu Hitam untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Madu adalah salah satu hasil alam yang banyak khasiatnya. Madu terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sari bunga dan jenis lebah penghasilnya.

Salah satu yang terkenal adalah madu hita. Madu hitam sebagian besar dihasilkan oleh lebah hutan Apis dorsata. Spesies ini banyak ditemukan di Muara Teweh, Kalimantan dan Sumbawa.

Sedangkan tanaman penghasilnya berbeda-beda, salah satunya adalah baluntas dan bunga rambutan.

Madu hitam dianggap memiliki khasiat yang lebih banyak dibandingkan jenis madu lainnya. Berikut khasiat madu hitam untuk kesehatan.

Antibakteri

Madu hitam terbukti secara ilmiah mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. aureus. Keduanya adalah contoh bakteri yang sering menginfeksi tubuh manusia.

Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa efek antibakterinya masih lebih rendah dari antibiotik.

Mengatasi kekurangan zat besi dan anemia

Penyebab umum anemia adalah kekurangan zat besi dan vitamin B12. Anemia dan kekurangan zat besi bisa memicu berbagai kondisi seperti kulit kering, kecemasan, rambut rontok, dan pusing.

Gejala tersebut disebabkan karena tidak cukupnya sel darah merah yang membawa nutrisi dan oksigen dalam darah.

Madu hitam adalah sumber zat besi dan vitamin B yang mampu mengatasi kondisi tersebut. Madu ini direkomendasikan dikonsumsi oleh orang yang mengalami anemia dan sedang hamil.

Kulit sehat

Salah satu akibat dari kekurangan zat besi adalah rambut rontok, kuku rapuh, dan kulit mudah keriput. Madu hitam mengandung zat besi, magnesium dan zat lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Meredakan nyeri saat menstruasi

Ketika menstruasi, wanita sering merasa keram pada perut bagian bawah dan merasa sakit pada payudara. Selain itu, wanita yang sedang menstruasi juga mudah marah dan merasa depresi.

Madu hitam mengandung B6, kalsium, dan mineral yang mampu menyeimbangkan kondisi tubuh ketika menjelang menstruasi. Oleh karena itu, madu hitam bisa meredakan nyeri saat menstruasi dan memperbaiki suasana hati.

Tulang kuat

Madu hitam mengandung kalsium dan magnesium yang diperlukan tulang agar tetap kuat. Kalsium diperlukan sebagai mineral untuk menyusun struktur tulang. Sedangkan magnesium penting untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium ke tubuh.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/11/204500623/5-khasiat-madu-hitam-untuk-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke