Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sangat Mirip, Burung Lyrebird Bisa Tirukan Tangisan Bayi dengan Sempurna

KOMPAS.com - Burung lyrebird jantan yang tinggal di kebun binatang Taronga Sydney, Australia membuat heboh karena bisa menirukan suara bayi menangis dengan sangat persis.

Beruntung, suara lyrebird yang memekakkan telinga itu berhasil direkam di video dan dibagikan di sosial media seperti Twitter.

Dalam rekaman itu, burung berusia 7 tahun yang dinamai Echo menirukan suara tangisan bayi manusia yang menjerit. Suaranya sama persis.

Dilansir dari IFL Science, Jumat (3/9/2021), burung yang berasal dari Australia timur dan tengah ini memang terkenal punya bakat inpresionis mengesankan dan merupakan salah satu contoh mimikri terbesar di alam.

Dalam biologi evolusioner, mimikri merupakan proses evolusi yang terjadi pada spesies untuk menjadi sama dengan spesies lainnya. Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator.

Di alam liar, burung lyrebird mampu meniru suara spesies lain dan suara hutan lainnya. Memang, biasanya mereka mempelajari suara-suara itu dari burung lyrebird yang lebih tua, bukan menirukan suara di lingkungan mereka secara langsung.

Sementara burung lyrebird yang tinggal di penangkaran, dikenal mampu menirukan suara antropogenik (suara dari aktivitas manusia), termasuk suara gergaji mesin.

Seekor burung lyrebird terkenal bernama Chook, misalnya, dikatakan mampu menirukan suara alat listrik ketika di kebun binatang Adelaide ada proyek pembangunan kandang untuk panda baru.


“Di kebun binatang ada begitu banyak suara yang akan didengar burung lyrebird. Oleh karenanya, pasti mereka akan menirukan beberapa suara itu," kata Golebiowski.

"Saya berasumsi, Echo menirukan suara bayi dari tamu yang berkunjung ke kebun binatang."

Selain tangisan bayi, Echo juga sering menirukan suara bor listrik dan alarm kebakaran kebun binatang.

"Dia bahkan bisa melakukan pengumuman 'evakuasi sekarang'," kata Golebiowski.

Fakta unik hewan

Burung lyrebird jantan dan betina sama-sama mampu mensimulasikan beragam suara. Bedanya, burung lyrebird jantan cenderung jauh lebih vokal, terutama selama musim kawin.

Suara yang ditiru oleh burung lyrebird salah satunya diyakini berperan dalam mencari pasangan. Namun, kemampuan mimikrinya mungkin memiliki lebih banyak tujuan yang belum dipahami.

Selain koleksi impresi mereka yang mengesankan, burung lyrebird juga menghasilkan panggilan alami mereka sendiri, yang telah digambarkan sebagai "mekanis" dan terdiri dari serangkaian suara deru, klik, dan gerinda.

Menurut Golebiowski, burung lyrebird cenderung melatih suara baru sebelum memutuskan apakah akan menambahkannya ke repertoar reguler mereka atau tidak.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/06/100100323/sangat-mirip-burung-lyrebird-bisa-tirukan-tangisan-bayi-dengan-sempurna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke