Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Varian Corona Delta: Seberapa Menular, Gejala, hingga Risiko

KOMPAS.com - Varian virus corona Delta terus menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia.

Dilansir dari Medical News Today, varian delta SARS-CoV-2 — secara ilmiah dikenal sebagai garis keturunan B.1.617.2 — pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan pada Desember 2020 di India.

Pada April 2021, varian Delta menjadi jenis virus corona yang paling banyak menyebar dan menjadi penyebab lonjakan kasus Covid-19 di India.

Menurut sumber tepercaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak itu varian ini telah dilaporkan di 80 negara.

Karenanya, varian Delta pun sudah dimasukkan WHO dalam daftar variant of concern atau paling mengkhawatirkan di dunia, bersama 3 varian lain yakni varian Alpha (sebelumnya disebut varian B.1.1.7), varian Beta (sebelumnya disebut varian B.1.351), dan varian Gamma (sebelumnya varian P.1).

Baru-baru ini, ada kekhawatiran – terutama di Inggris dan Amerika Serikat – bahwa varian Delta dapat menimbulkan gelombang Covid-19 lain yang bisa menghambat upaya nasional dan internasional untuk mengurangi penularan pandemi.

Penyebaran varian Delta, termasuk di Indonesia

Menurut laporan terbaru dari Public Health England (PHE), varian Delta mungkin telah menjadi varian dominan di Inggris.

"Dengan 74 persen kasus infeksi SARS-CoV-2 dan 96 persen kasus sekuensing dan genotipe yang disebabkan oleh varian Delta ini," tulis laporan PHE.

Di AS, data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebutkan proporsi kasus Covid-19 baru yang dikaitkan dengan varian Delta sebesar 2,7 persen.

Ini adalah data pengawasan genomik selama 2 minggu, terhitung 8-22 Mei 2021.

Baru-baru ini, mantan komisaris Food and Drug Administration (FDA) Dr. Scott Gottlieb mencatat bahwa sekitar 10 persen kasus baru Covid-19 disebabkan oleh varian Delta.

Dr. Anthony S. Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, telah memperingatkan bahwa negara mana pun yang memiliki varian Delta harus khawatir bahwa akan ada lonjakan infeksi, terutama jika sebagian besar penduduk negara belum divaksinasi.

“Kami telah melihat bahwa ketika varian Delta menyebar di antara orang-orang yang tidak divaksinasi, itu bisa menjadi dominan dengan sangat, sangat cepat,” kata Fauci.

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, kasus varian Delta di Indonesia telah ditemukan di 6 provinsi Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Siti Nadia Tirmizi mengatakan, ada 148 kasus infeksi varian baru yang ditemukan di Indonesia.

Dari 148 kasus tersebut, 107 di antaranya adalah kasus Covid-19 varian Delta yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Kasus Covid-19 varian Delta paling banyak ditemukan di Jawa Tengah dengan 75 kasus. Angka ini mendominasi kasus infeksi varian Delta secara nasional, yakni lebih dari 70 persen kasus nasional.

Seberapa menular varian Delta?

Berdasarkan data dari Inggris, varian Delta sekitar 60 persen lebih mudah menular daripada varian Alpha.

Prof Wendy Barclay, profesor virologi dan kepala Departemen Penyakit Menular di Imperial College London di Inggris, menjelaskan bahwa varian Delta lebih menular daripada yang sebelumnya karena beberapa mutasi kunci pada protein lonjakan, yang memungkinkan virus untuk menembus dan menginfeksi sel sehat.

“Varian Delta memiliki dua mutasi penting dalam protein lonjakannya, atau set mutasi,” katanya.

“Salah satunya ada di situs pembelahan furin, yang menurut kami cukup penting untuk kebugaran virus di saluran napas.”

“Virus asli yang muncul di Wuhan kurang optimal dalam hal itu, jadi menular tetapi mungkin tidak semenular itu (varian Delta). Varian Alpha mengambil satu langkah untuk meningkatkannya dengan mutasi tertentu, dan varian Delta telah membangunnya dan mengambil langkah kedua sekarang, langkah yang lebih besar, menuju peningkatan mutasi,” kata Prof. Barclay.

Gejala terinfeksi varian Delta

Data yang dikumpulkan para ilmuwan Inggris menunjukkan bahwa gejala utama infeksi varian Delta berbeda dibandingkan dengan yang dialami saat terinfeksi varian virus corona lainnya.

Data dari ZOE Covid Symptom Study – yang analisis ilmiahnya dilakukan oleh para ahli dari King’s College London – menunjukkan bahwa gejala utama infeksi varian Delta adalah:

  • sakit kepala,
  • sakit tenggorokan,
  • pilek.

Seperti diketahui, gejala utama Covid-19 sebelumnya adalah demam, batuk terus menerus, dan kehilangan penciuman atau perasa.

Prof. Tim Spector, salah satu pendiri ZOE, memperingatkan bahwa gejala infeksi SARS-CoV-2 sekarang bertindak secara berbeda karena lebih seperti gejala pilek.

Ini yang mungkin menggoda orang untuk mengabaikan gejalanya.

"Ini mungkin hanya terasa seperti pilek atau perasaan meriang. Meski begitu, tetaplah di rumah dan lakukan tes Covid-19," desaknya.

Apa risiko ke depan?

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan menyerukan pengenalan kembali langkah-langkah keamanan yang lebih ketat di sekolah-sekolah di Inggris untuk mengekang penyebaran varian delta.

Mengingat data tentang peningkatan penularan variam Delta, beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa varian ini dapat meningkatkan risiko gelombang Covid-19 lebih lanjut.

Proyeksi pemodelan dari Imperial College London menunjukkan bahwa varian Delta dapat secara signifikan meningkatkan risiko rawat inap karena Covid-19.

Dr Gottlieb juga memperingatkan bahwa AS mungkin mengalami wabah COVID-19 lebih lanjut karena varian yang sangat menular ini.

“Saya pikir di beberapa bagian negara di mana Anda memiliki lebih sedikit vaksinasi, ada risiko Anda dapat melihat wabah dengan varian baru ini,” sarannya.

Untuk alasan ini, ia mendorong orang untuk mendapatkan vaksinasi penuh terhadap Covid-19.

“Vaksin mRNA (Pfizer-BioNTech dan Moderna) tampaknya sangat efektif, dua dosis vaksin itu melawan varian ini. Vaksin vektor virus dari Johnson & Johnson dan AstraZeneca juga tampak efektif, sekitar 60 persen efektif. Vaksin mRNA sekitar 88 persen efektif. Jadi kami memiliki alat untuk mengendalikan ini dan mengalahkannya. Kita hanya perlu menggunakan alat-alat itu,” komentarnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/21/083200323/fakta-varian-corona-delta-seberapa-menular-gejala-hingga-risiko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke