Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ahli Sarankan Pakai 2 Masker untuk Perlindungan Maksimal dari Virus Corona

Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk mengenakan masker KN95 atau N95 jika memungkinkan.

Sementara itu, dokter Anthony Fauci, MD, mengatakan, memakai dua masker sekaligus lebih baik daripada memakai satu masker untuk menangkal virus corona.

Tujuan memakai masker adalah untuk mencegah droplet atau tetesan dan virus mencapai mulut dan hidung seseorang, sehingga dengan masker sebagai penghalang, maka secara alami akan meningkatkan perlindungan diri.

“Jika Anda memakai masker dengan satu lapisan, kemudian Anda menambah satu lapisan masker lagi, ini adalah tindakan yang masuk akal dan mungkin akan lebih efektif,” kata Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases.

Apalagi tak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan masker N95, mengingat harganya yang mahal, dan bahkan CDC lebih merekomendasikannya untuk petugas kesehatan.

Tetapi para ahli kesehatan menekankan, memakai dua masker sekaligus adalah sesuatu yang lebih mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

“Memakai dua masker akan menambahkan filtrasi ekstra, selain itu juga bermanfaat untuk memastikan Anda menutupi celah di sekitar masker, karena tidak setiap masker yang Anda kenakan akan sama pas,” kata Alice Sato, MD, seorang ahli epidemiologi di Children's Hospital & Medical Center di Omaha, NE.

Cara terbaik memakai dua masker

Melansir WebMD, penelitian yang diterbitkan di cell.com merekomendasikan masyarakat memakai masker bedah berkualitas tinggi atau masker kain setidaknya yang memiliki dua lapisan dengan kualitas kerapatan benang yang tinggi, sebagai perlindungan dasar.

Selanjutnya, kenakan masker kain di atas masker bedah untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Masker bedah akan bertindak sebagai filter dan masker kain akan memberikan lapisan penyaringan tambahan.

Namun yang perlu diketahui, seperti dilansir CDC, masker sekali pakai dan masker bedah adalah dua hal berbeda. Masyarakat kini seharusnya tidak lagi bingung, antara masker sekali pakai dengan masker bedah.

"Masker sekali pakai adalah masker sekali pakai. Mereka dijual secara online dan melalui toko eceran besar. Ini tidak sama dengan masker bedah atau masker medis lainnya," demikian menurut CDC.

CDC belum merekomendasikan penggunaan dua masker, tetapi secara umum dikatakan bahwa orang harus memakai masker dengan dua atau lebih lapisan kain yang dapat dicuci yang menutupi hidung dan mulut, serta pas di wajah.

Lebih rinci, CDC merekomendasikan pemakaian masker:

- Masker sekali pakai non-medis

- Masker yang pas di sekitar hidung dan dagu tanpa celah besar di sekitar sisi wajah

- Masker yang memudahkan untuk bernapas, seperti katun

- Masker dengan serat kain yang rapat

- Masker dengan dua atau tiga lapisan

- Masker dengan kantong filter bagian dalam

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/29/130500023/ahli-sarankan-pakai-2-masker-untuk-perlindungan-maksimal-dari-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke