Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Berlibur Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi

KOMPAS.com- Mungkin Anda dan keluarga sudah merancang untuk pergi berlibur akhir tahun 2020 ini?

Namun, perlu diingat bahwa kondisi libur panjang di akhir tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana pandemi Covid-19 saat ini belum masih melanda di seluruh dunia.

Bahkan, di Indonesia sendiri jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 juga terus bertambah dari hari ke hari.

"Sebenarnya yang paling ideal adalah liburan di rumah," ujar dr Nugraheni Irda SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital.

Akan tetapi, jika Anda memang harus bepergian atau sudah terlanjur merencanakan liburan di akhir tahun ini, maka Anda harus memahami tips-tips menjaga kesehatan selama berlibur.

1. Hindari wilayah angka kasus Covid-19 tinggi

Dokter Irda mengatakan jumlah angka kasus positif Covid-19 dan angka kematian akibat Covid-19 semakin meningkat di sejumlah provinsi di tanah air, meski sebelumnya sempat mengalami penurunan tren.

Maka, sebelum benar-benar memutuskan akan pergi, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu zona wilayah tujuan destinasi wisata Anda, apakah tergolong wilayah dengan kasus positif terinfeksi Covid-19 tinggi atau tidak.

Irda berkata, hindarilah wilayah-wilayah yang cenderung memiliki banyak destinasi wisata menarik, karena kemungkinan besar akan banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Seperti diketahui, semakin ramai suatu tempat atau wilayah, maka potensi risiko penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 juga akan meningkat.

2. Hindari red zone (zona merah)

Tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan oleh Irda, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara, dr Mohammad Irfan SpPD juga mengatakan, sebelum bepergian, cobalah mengecek status zona pada tempat yang akan dikunjungi.

Irfan menegaskan, sebisa mungkin menghindari daerah red zone, sehingga keterpaparan terhadap Covid-19 semakin berkurang.

"Kuncinya adalah kedisiplinan menjaga 3M (yaitu) memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ucap Irfan.

3. Pilih tempat rekreasi ruang terbuka

Irfan juga memberikan saran, jika pun Anda dan keluarga tetap ingin berlibur di akhir tahun ini, sebaiknya pilihlah tempat rekreasi dengan ruangan terbuka.

Di antaranya adalah pegunungan, situs budaya seperti candi, pantai, taman kota, kebun, berkemah di kaki gunung dan lain sebagainya.

"Tentunya tempat yang terbuka lebih baik dibandingkan ruang tertutup dari segi penularan Covid-19," ujar Irda.

4. Jangan berlibur di tempat ramai 

Perlu diingat, saat berlibur sangat penting untuk selalu menghindari tempat keramaian dan cari tempat wisata yang selalu menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

Memiliki tempat wisata yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan adalah pilihan bijak untuk liburan akhir tahun 2020 kali ini.

5. Jaga protokol kesehatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, di manapun berada, terutama saat berwisata dan berlibur, sepatutnya masyarakat tetap memperhatikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, terutama 3M.

Seperti memakai masker dengan benar, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman dengan orang lain minimal 2 meter, dan jauhi kerumunan.

Sebab, pada dasarnya, aktivitas-aktivitas yang dapat berpotensi menularkan Covid-19 selama berlibur adalah aktivitas berkumpul, tidak menjaga jarak, kontak dengan banyak orang terlalu lama, menggunakan fasilitas publik bersamaan seperti tempat permainan anak, nonton bioskop dan berbagai aktivitas berkumpul lainnya.


6. Berlibur dengan orang serumah

Irda menuturkan, jika Anda benar-benar ingin bepergian dan berlibur di akhir tahun 2020 ini, sebisa mungkin untuk berlibur dengan orang atau anggota keluarga serumah Anda.

"Bukan bersama keluarga jauh, apalagi orang asing yang tidak diketahui latar belakangnya," tuturnya.

7. Kurangi durasi kunjungan

Mengurangi durasi kunjungan di suatu destinasi wisata yang ramai akan mengurangi risiko Anda terpapar Covid-19 dari orang lain.

Sebab, dengan durasi kunjungan yang lama di suatu tempat, maka potensi kontak dengan orang banyak, tidak menjaga jarak hingga menggunakan fasilitas publik bersmaan juga bisa terjadi, di mana tidak diketahui apakah kondisi tersebut benar-benar aman dari virus SARS-CoV-2.

8. Jaga kesehatan

Irda menegaskan, selama berlibur Anda sebaiknya benar-benar menjaga kesehatan diri supaya imunitas tidak menurun.

Pastikan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, berhenti merokok, banyak minum air putih, jaga kesehatan mental, dan siap sedia obat-obatan baik pertolongan pertama maupun obat wajib dari dokter jika memiliki riwayat penyakit kronis, dan vitamin antioksidan bagi yang tidak punya riwayat sakit kronis.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/24/163000523/8-tips-berlibur-akhir-tahun-2020-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke