Salin Artikel

Ilmuwan Temukan Planet dapat Dihuni, Diklaim Lebih Baik dari Bumi

KOMPAS.com- Ambisi ilmuwan untuk menemukan planet yang dapat dihuni seperti Bumi semakin membuka berbagai studi dan penemuan baru.

Kali ini, seperti dilansir dari CNet, Selasa (6/10/2020), para ilmuwan menemukan exoplanet atau planet ekstrasurya yang menjanjikan untuk dapat dihuni, yang diklaim bahkan lebih baik dari Bumi.

Temuan itu dipaparkan dalam studi In Search for a Planet Better than Earth yang diterbitkan dalam jurnal Astrobiology bulan lalu.

Ahli geologi dari Washington State University (WSU), Dirk Schulze-Makuch yang memimpin penelitian tersebut mengungkapkan dalam makalah ini telah mengidentifikasi dua lusin exoplanet yang bisa menjadi dunia 'superhabitable'.

Ada serangkaian kriteria agar suatu planet dapat memenuhi syarat sebagai planet yang berpotensi dapat dihuni.

Daftar tersebut mencakup usia planet, antara 5 miliar dan 8 miliar tahun, sementara umur Bumi sekitar 4,5 miliar tahun dan lokasi di dalam zona layak huni bintang yang memiliki air.

Para ilmuwan juga mencari bintang berumur panjang yang lebih dingin dari matahari kita.

Namun, alih-alih fokus pada planet serupa Bumi, tim ilmuwan mencari planet yang lebih masif dari planet yang kita tinggali.

Peneliti menyebut, salah satu exoplanet berukuran sekitar 1,5 kali massa Bumi diharapkan dapat mempertahankan interiornya melalui peluruhan radioaktif yang lebih lama.

Selain itu, memiliki gravitasi yang lebih kuat agar dapat mempertahankan atmosfer dalam periode waktu yang lebih lama, menurut peneliti WSU dalam suatu pernyataan.

Kriteria tersebut diterapkan pada sedikitnya 4.500 exoplanet yang diketahui dan ada 24 exoplanet yang telah diidentifikasi mendekati kriteria tersebut.

Kandidat Bumi kedua terlalu jauh

Para ilmuwan WSU mengatakan ada banyak hal yang tidak diketahui tentang potensi surga tersebut.

Planet yang dapat dihuni tidak berarti planet-planet ini pasti memiliki kehidupan.

Kendati demikian, masalah yang lebih besar yang dihadapi, yakni semua kandidat planet Bumi lain itu berada pada jarak yang terlalu jauh untuk dijangkau, yakni 100 tahun cahaya.

Namun, kriteria planet yang memungkinkan adalah yang tidak terlihat persis seperti Bumi, tetapi bisa menjadi lokasi kehidupan yang lebih mengagumkan.

Dengan bantuan teleskop antariksa generasi mendatang, seperti James Webb NASA yang pengembangannya masih tertunda, akan dapat membantu dalam misi pencarian planet-planet yang dapat dihuni selain Bumi.