Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Dua Ruas Tol Kutepat Mulai Dibuka dan Bisa Dilintasi

Kompas.com - 04/04/2024, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPA.com - Dua ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) dibuka secara fungsional mulai dari H-6 Lebaran 2024 atau 4 April 2024 sampai dengan H+6 Lebaran 2023 atau 16 April 2024.

Dua ruas yang dibuka secara fungsional itu adalah Tol Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 45 kilometer dan Tol Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 9 kilometer dibuka secara fungsional
situasional.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita atau Hamawas Dindin Solakhuddin mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan lintas instansi, khususnya Polda Sumatera Utara dan
Pemerintah Daerah (Pemda) terkait dioperasikan secara fungsional kedua ruas tersebut guna mendukung arus mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Kamis Ini, Tol Lima Pulih-Kisaran Bisa Digunakan Mudik Lebaran

"Kami juga memperhatikan kesiapan perambuan dan kondisi jalan, agar pengendara merasa
aman selama perjalanan melintasi tol fungsional ini," terang Dindin dalam siaran pers, Kamis (4/4/2024).

Fungsional Tol Tebing Tinggi-Sinaksak diberlakukan secara gratis dan dua arah dengan ketentuan pengendara wajib melakukan tapping di Gerbang Tol (GT) Dolok Merawan atau
GT Sinaksak dengan tidak dikenakan biaya sama sekali atau Rp 0.

 

Biaya yang akan terpotong adalah biaya perjalanan dari GT pertama dimana pengendara melakukan tapping masuk tol sampai dengan interchange Indrapura.

Hal ini dikarenakan Tol Medan Raya (Ruas Binjai-Langsa, Medan-Binjai, Belawan-Tanjungmorawa,  Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Tebing Tinggi-Indrapura, Indrapura-Limapuluh dan Tebing Tinggi-Sinaksak) telah menerapkan integrasi tertutup dimana pengendara melakukan pembayaran saat berada di gardu GT tempat ingin keluar.

Sedangkan di Ruas Indrapura-Kuala Tanjung yang merupakan lanjutan dari Tol Tebing
Tinggi-Indrapura akan diberlakukan fungsional situasional 1 arah dengan memperhatikan
kepadatan lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com