Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipuji Basuki, Proyek Jaringan Perpipaan Transmisi di IKN Dilengkapi Jalan Inspeksi

Kompas.com - 01/03/2024, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memuji pekerjaan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu disampaikannya saat meninjau pembangunan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku pada Kamis (29/02/2024).

"Pekerjaan pemasangan pipanya sudah bagus dan rapi, bahkan dilengkapi jalan inspeksi, trotoar, dan jalur hijau," ujar Basuki dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

Akan tetapi, dia meminta agar pipa transmisi dapat proteksi yang memadai, terutama pada segmen-segmen yang terekspos, khususnya pada jembatan pipa, sehingga tidak rentan dari aksi vandalisme.

"Saya minta untuk lebih banyak ditanam pohon flamboyan agar nantinya lebih teduh dan estetik," imbuhnya.

Baca juga: IPA Sepaku Beroperasi Juni, Pasok Air Minum di Kawasan IKN

Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku berfungsi mengalirkan air minum dari lokasi IPA menuju reservoir induk kapasitas 2x6.000 m3 dengan menggunakan pipa baja diameter 1.000 mm sepanjang 15,9 km.

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya-PT TGP- Supraharmonia KSO selaku kontraktor pelaksana dan KSO PT Virama-PT ARENGMP-PT Waseco Tirta.

Lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan jalan inspeksi, steel pipe cement lining, lampu PJU, shelter, green belt, jembatan jalan inspeksi, dan vegetasi.

Pekerjaannya terbagi menjadi 2 paket. Paket 1 sepanjang 5,343 km dengan biaya Rp 247,3 miliar, dan paket 2 sepanjang 10,528 km dengan biaya Rp 427 miliar.

"Progres pembangunan paket 1 sudah mencapai 71,6 persen, sedangkan paket 2 sudah 83,3 persen," tukas Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com