Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Bakal Tuntaskan Pengadaan Tanah IKN dalam 100 Hari Kerjanya

Kompas.com - 29/02/2024, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjanji akan menyelesaikan seluruh paket pengadaan tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam 100 hari kerjanya.

Adapun hingga saat ini, Kementerian ATR/BPN telah menuntaskan 9 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan 10 paket pengadaan tanah.

Sementara yang masih dalam tahap pengerjaan ada 11 paket pengadaan tanah yang terus diakselerasi penyelesaiannya.

"80 persen sudah tuntas (pengadaan tanahnya) masih tersisa 20 persen yang perlu dikawal dengan baik, sehingga harapannya 100 hari kerja Menteri ATR/Kepala BPN yang baru ini bisa kita tuntaskan," ujar AHY dikutip dari laman resmi Kementerian ATR/BPN pada Kamis (29/02/2024).

Dengan selesainya seluruh paket pengadaan tanah IKN, ia berharap memperlancar pengembangan kawasan.

"Mudah-mudahan itu semua bisa mendukung secara penuh pengembangan kawasan dan kita berharap bukan hanya KIPP tetapi juga lokasi pendukung strategis lainnya," tuturnya.

Baca juga: Luhut Minta Tim Terpadu Pertanahan IKN Dibentuk, Ini Tugasnya

Selain itu, dengan menyiapkan lahan yang clean and clear di IKN, ia berharap kepastian hukum hak atas tanah bisa mendorong peningkatan investasi di Indonesia.

"Dengan demikian, IKN bukan hanya menyedot investasi tetapi bisa mengembangkan ekonomi, bukan hanya tentunya di sekitar IKN tapi juga secara nasional," pungkas AHY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com