Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung KSPN Danau Toba, Pelebaran Alur Tano Ponggol Rampung November Ini

Kompas.com - 17/09/2023, 06:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan perlebaran dan pendalaman alur Tano Ponggol yang berada di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/ Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, ditargetkan akan rampung pada bulan November 2023. 

Proyek ini dipercepat untuk mendukung aktivitas pariwisata di DPSP Danau Toba, sehingga para wisatawan dapat mengelilingi Pulau Samosir menggunakan kapal.

Menteri Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN/DPSP direncanakan secara terpadu.

Baca juga: Dukung KSPN Danau Toba, Dua Kawasan Ini Dipersolek

 

Mulai dari penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” kata Menteri Basuki seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Sabtu (16/9/2023). 

 

Pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II.

Kepala BWS Sumatera II Mohammad Firman mengatakan, kegiatan utaman yang dilakukan adalah pelebaran dan pendalaman alur.

“Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas transportasi barang dan jasa sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Firman.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2017-2020, dilaksanakan pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol (secara multi years contract/MYC) dengan nilai Rp 320,5 miliar.

Baca juga: Juli 2024, Kawasan Danau Toba Akan Punya Hotel Bintang Lima Perdana

 

Sementara itu, pekerjaan lanjutan (single years contract/SYC) dilakukan dengan nilai kontrak sebesar Rp 31 miliar pada TA 2020.

Selanjutnya, pada TA 2021 dilakukan pula pelebaran alur Tano Ponggol bagian Huta Lumban Silo dengan nilai kontrak Rp 4,2 miliar.

Kemudian pekerjaan Counterweight dan Alur Tano Ponggol (MYC) pada TA 2022-2023 dengan nilai kontrak sebesar Rp 36,8 miliar.

“BWS Sumatera II telah melaksanakan pekerjaan tersebut, dengan progress pelaksanaan fisik pada pekerjaan Counterweight dan Alur Tano Ponggol sudah mencapai 67,49 persen (data e-monitoring per 14 September 2023). Diharapkan per November 2023 sudah selesai secara tuntas,” jelas Firman.

Alur Tano Ponggol dibangun sepanjang 1.200 meter dengan rencana lebar tampang bawah 70 meter dan lebar atas 80 meter, serta lebar jalan inspeksi 5 meter.

Dukungan Kementerian PUPR melalui penyelesaian alur Tano Ponggol dan jembatan Aek Tano Ponggol yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Bina Marga diharapkan membuka peluang pengembangan pariwisata DPSP Danau Toba yang berada di Kabupaten Samosir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com