Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah pegawai secara tiba-tiba dilakukan oleh Badan Usaha Pelaksana (BUP) sistem pembayaran tol nirsentuh tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF), PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).

Kuasa Hukum RITS Mochammad Sutami Attamimi mengungkapkan, sekitar 20 orang pegawai yang terkena restrukturisasi.

“Untuk yang akan kena restrukturisasi, lebih kurang 20 orang," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (10/7/2023)

Baca juga: Karyawan Roatex Tiba-tiba Dipecat, Kuasa Hukum: Ini PHK Sepihak

Padahal, menurut Ketua Tim Pengacara Forum Karyawan RITS dari Kantor Hukum Sugiharto & Co Adi Sugiharto, mereka yang terkena dampak PHK oleh direksi baru mayoritas adalah karyawan yang ikut merintis dari awal proyek ini.

“Yang di-PHK ini adalah orang-orang yang kemudian ikut merintis, ikut membangun (MLFF). Ini kan proses panjang. Nah, teman-teman semua ini bagian daripada itu, bagaimana sistemnya berjalan, bagaimana perusahaan ini berjalan, keluar-masuknya, tatanan internal. Tahu-tahu dibuang semua separuh, kan begitu,” tutur Adi saat ditemui di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Dia berani menyebutkan bahwa keputusan yang dilakukan oleh RITS adalah PHK sepihak tanpa ada keterangan yang jelas.

“Nah, ini kan jadi pertanyaan. Ada apa sebenarnya?” ucap Adi mempertanyakan hal tersebut.

Adapun Direktur Utama RITS Attila Keszeg mengatakan tujuan dari restrukturisasi ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dalam menyiapkan MLFF di Indonesia.

“Kami saat ini sedang melakukan penataan kembali manajemen sekaligus mengambil langkah langkah yang diperlukan untuk memperkuat sejumlah posisi dengan sumber daya manusia profesional andal," ucap Attila.

Secara keseluruhan, restrukturisasi akan dilakukan selama 6 bulan secara gradual termasuk proses rekrutmen untuk mengisi kebutuhan yang akan meningkat seiring dengan berjalannya fase operasional ini.

“Kami, Roatex Indonesia mengundang Anda, calon karyawan terbaik bangsa, untuk menjadi bagian dari sejarah jalan tol dan transportasi Indonesia," tandas Attila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com