Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ciri-ciri Kontraktor yang Perlu Anda Hindari

Kompas.com - 18/06/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum membangun rumah, hal penting yang harus dipilih dengan cermat adalah kontraktor.

Pasalnya, kontraktor yang akan menangani setiap detail proses membangun rumah, mulai dari mengelola sub-kontraktor, menangani pembayaran ke vendor, bekerja sama dengan arsitek, membeli bahan bangunan hingga rumah berhasil dibangun.

Kendati demikian, tak jarang ditemukan kasus membangun rumah yang tidak selesai sesuai target karena kontraktornya bermasalah.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri kontraktor yang wajib dihindari agar proyek Anda tidak menjadi kelinci percobaan selanjutnya.

Pertama, cari rekam jejak kontraktor di internet. Kontraktor dengan reputasi yang baik akan mendapatkan ulasan baik dari konsumen. Sebaliknya, kontraktor dengan reputasi buruk akan dinilai rendah oleh konsumen.

Kedua, Anda harus menghindari kontraktor yang terlambat datang pada janji temu awal atau tidak membalas panggilan telepon. Dikhawatirkan, kebiasaan tidak tepat waktu tersebut berlanjut hingga proyek berlangsung.

Ketiga, Anda juga harus menghindari kontraktor yang menjelek-jelekkan klien, vendor, karyawan atau subkontraktor mereka, terlebih pada awal pertemuan.

Kemudian pastikan seluruh proyek Anda dilaksanakan di atas kontrak yang tertulis dan ditandatangani dengan jelas.

Baca juga: Luhut Ingin Asing Awasi Proyek IKN, Ini Tanggapan Kementerian PUPR

Kontraktor pada umumnya juga tidak meminta pembayaran penuh sebelum memulai proyek. Sebaliknya, pembayaran akan dilakukan secara bertahap seiring dengan kemajuan pembangunan rumah.

Lantas, bagaimana ciri kontraktor yang baik?

Secara sederhana, kontraktor yang baik akan berdialog dengan baik pada pertemuan pertama. Tidak hanya mendengarkan, mereka juga akan bertukar pikiran dan memberikan opsi yang tepat.

Selanjutnya, kontraktor yang baik akan berterus terang terkait kelebihan dan kekurangan proyek Anda karena mereka memiliki banyak pengalaman.

Kontraktor yang baik akan menuliskan dengan jelas dalam kontrak setiap detail proyek yang akan dilaksanakan, terutama yang berhubungan dengan dana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com