Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda Perbedaan Vila dan Homestay? Nih Jawabannya

Kompas.com - 07/06/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber StayVista

JAKARTA, KOMPAS.com - Vila dan homestay merupakan jenis akomodasi yang menjadi pilihan masyarakat untuk menginap selain hotel.

Akan tetapi, ada anggapan bahwa vila dan homestay itu jenis akomodasi yang sama. Padahal, sebetulnya vila dan homestay berbeda.

Melansir dari laman StayVista, meski vila dan homestay memiliki beberapa ciri yang mirip, ada beberapa perbedaan kecil yang diabaikan.

Perbedaan itu meliputi dari segi keberadaan pemilik, interior, makanan, ruang, pengalaman, segmentasi tamu, privasi, dan kapasitasnya.

Baca juga: Pemain Hotel Thailand Ekspansi di Bali, Bangun 2 Vila Mewah Pilihan Lokasi Nikah

Untuk memahaminya, berikut perbedaan vila dan homestay:

Keberadaan Pemilik

Perbedaan pertama dan terpenting antara homestay dan vila adalah keberadaan pemiliknya.

Di homestay, terkadang pemilik masih berbagi ruang dengan para tamu. Atau, tinggal di sebelah atau tak jauh dari homestay.

Sementara di vila, pemilik benar-benar mempercayakan akomodasinya kepada para tamu. Artinya, pemilik tidak berada di dalam lingkungan vila.

Dengan demikian, para tamu bisa dikatakan memiliki vila sepenuhnya untuk diri mereka sendiri.

Interior

Interior homestay, seperti namanya, bersahaja dan nyaman layaknya rumah pada umumnya. Interiornya cenderung menggemakan gaya, kepribadian, dan budaya dari pemilik.

Sedangkan, interior vila sangat kontras dengan homestay. Umumnya, vila dibuat dengan selera tinggi dengan fasilitas terbaik yang melayani para tamu.

Makanan

Homestay juga merupakan rumah bagi beberapa makanan lokal yang paling enak. Makanan umumnya segar dan masakan rumahan, menawarkan para tamu untuk menikmati masakan lokal yang terbaik.

Sementara di vila, umumnya para tamu harus memasak sendiri jika ada fasilitas dapur. Atau kemungkinan besar keluar untuk memesan makanan.

Ruang

Homestay seringkali mulanya sebuah rumah yang diubah untuk menampung tamu. Sedangkan vila umumnya memiliki ruang yang luas dan mewah.

Homestay KemuningSMF Homestay Kemuning
Pengalaman

Saat berada di homestay, pengalamannya tak terduga. Karena kehadiran pemilik dapat membuat para tamu menjalin pertemanan, bertukar cerita, dan membuat banyak kenangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com