Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Pasar Tradisional di Kawasan Perumahan, Berkonsep Modern, Rapi, dan Bersih

Kompas.com - 04/05/2023, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar tradisional menjadi salah satu fasilitas penting untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Meski perkembangan zaman membuat ritel-ritel modern dengan segmentasi sama mulai menjamur, pasar tradisional tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Masyarakat masih ada saja yang berbelanja meski pasar tradisional di Indonesia kerap kali mendapat label "kotor" dan "terabaikan".

Terlepas dari kondisi tersebut, ada sejumlah pengembang yang telah menghadirkan pasar tradisional di dalam kawasan perumahannya.

Pasar tradisional itu mengusung konsep modern. Kondisinya pun nampak lebih bersih dan terawat. Sehingga membuatnya akrab disebut pasar modern.

Baca juga: Mengenal Pasar Pon, Ikon Kabupaten Trenggalek Bergaya Arsitektur Eropa

Bambang Eka Jaya, Praktisi Properti sekaligus Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) menyampaikan, pengembangan pasar modern di kawasan perumahan bukanlah hal baru.

"Pasar modern sebenarnya sudah dimulai lebih dari 20 tahun yang lalu dengan marak-nya saat itu perumahan-perumahan berskala besar, termasuk di BSD City," ujarnya kepada Kompas.com pada Kamis (04/05/2023).

Pertumbuhan masyarakat menengah membuat standar hidupnya meningkat, termasuk saat berbelanja. Inilah yang mendorong berkembangnya pasar-pasar modern.

"Jadi perbaikan dan modernisasi pasar sudah menjadi keniscayaan dengan tuntutan konsumen yang membutuhkan fasilitas bersih dan tertata rapi," tandasnya.

Berikut beberapa contoh pasar tradisional yang berkonsep modern dan bersih di kawasan perumahan:

Pasar Modern BSD City.Dok. Sinarmas Land Pasar Modern BSD City.

1. Pasar Modern BSD City

Mulai beroperasi pada 1 Juli 2004 silam, Pasar Modern BSD City yang dikembangkan PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) ini terletak di Tangerang Selatan (Tangsel), Benten.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan pun bahkan telah menetapkan pasar tersebut sebagai model arsitektur pasar rakyat modern dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengelolaannya yang menjadi rujukan bagi seluruh pasar rakyat di Indonesia.

Pasar yang berdiri di atas lahan seluas 2,6 hektare dengan luas bangunan 1,4 hektare itu memiliki 320 unit kios, 302 unit lapak, dan 100 unit ruko.

Pasar Modern BSD City memiliki area lapak yang tertata dan bersih menyajikan daging, ikan, sayur, dan buah yang segar, serta food plaza dengan area dinning di dalam dan luar gedung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com