Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sewa Apartemen di Jakarta Naik 4,9 Persen, Segini Kisarannya

Kompas.com - 04/05/2023, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga sewa apartemen di Jakarta secara keseluruhan menunjukkan adanya kenaikan sekitar 4,9% pada Kuartal I-2023.

Merujuk laporan Leads Property berjudul Jakarta Property Market Insight Q1-2023, harga sewa apartemen secara keseluruhan mencapai 21,03 Dollar AS atau setara Rp 307.620 per meter persegi per bulan.

"Kondisi ini lebih didorong karena faktor inflasi pada biaya operasional yang akhirnya mendorong landlord untuk menyesuaikan harga sewa," jelas Associate Director Research & Consultancy Department PT Leads Property Services Indonesia, Martin Samuel Hutapea.

Sementara, harga sewa apartemen servis meningkat sebesar 5,3%, dan apartemen non-servis meningkat sebesar 1,9%, dari kuartal sebelumnya.

Baca juga: Warga Jakarta Puas Tinggal di Apartemen yang Dibangun Pengembang

Dengan demikian, harga sewa apartemen servis sebesar 24 Dollar AS (setara Rp 350.972) per meter persegi per bulan, dan apartemen non-servis 13,3 Dollar AS (setara Rp 190.548) per meter persegi per bulan.

Dari segi tingkat hunian, sebetulnya ada angin segar berupa peningkatan jumlah ekspatriat sebesar 26% secara tahunan dari tahun 2021 ke 2022. Sehingga totalnya mencapai 111.537 orang, dan diperkirakan sekitar 6.000 ekspatriat tinggal di Jakarta.

Kendati demikian, banyak pula dari para ekspatriat yang menyewa unit kondominium strata-title yang disewakan oleh pemilik unit.

Selain itu, beberapa kontrak sewa ada yang mengalami expire. Namun kondisi ini hanya bersifat sementara.

Kondisi-kondisi di atas itupun menyebabkan tertekannya tingkat hunian apartemen sewa sejumlah 0,3 basis poin, turun menjadi 60,4% dari kuartal sebelumnya.

Sementara itu, tingkat hunian apartemen servis mencapai sebesar 64,3%, dan apartemen non-servis 50%.

Adapun sejauh ini total pasokan mencapai 9.916 unit. Karena pasar apartemen sewa di Jakarta mengalami penambahan satu proyek dalam empat bulan pertama tahun 2023 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com