Mengenal Pasar Pon, Ikon Kabupaten Trenggalek Bergaya Arsitektur Eropa

Kompas.com - 19/09/2022, 07:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan Pasar Pon di Kabupaten Trengggalek, Jawa Timur.

Pasar Pon Trenggalek dibangun sejak Januari-Desember 2020 dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 senilai Rp 73,8 miliar.

Kini Pasar Pon Trenggalek telah diserahkelolakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek pada Februari 2021 dan menjadi ikon baru Trenggalek bergaya arsitektur khas Eropa.

Melansir unggahan akun Twitter resmi Kementerian PUPR, Senin (19/9/2022), Pasar Pon Trenggalek ludes terbakar pada 25 Agustus 2018.

Kobaran api diduga mulai menjalar mulai pukul 01.00 WIB ke seluruh bagian pasar dan membutuhkan waktu 5 jam untuk dipadamkan.

Baca juga: Pasar Johar Semarang, Bagian Masa Kecil Dua Menteri Ini

Pembangunan ulang Pasar Pon Trenggalek mengadopsi arsitektur dua bangunan terkenal di London, yakni Covent Garden Market dan Royal Opera House.

Karenanya, bangunan pasar tradisional ini mengusung perpaduan langgam arsitektr klasik victorian dan lokal yang ditandai dengan mempertahankan aksen candi dan batu ekspos.

Wajah Baru Pasar Pon TrenggalekDok. Kementerian PUPR Wajah Baru Pasar Pon Trenggalek
Adapun gagasan arsitektur di Pasar Pon Trenggalek berasal dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

Dirinya menyumbangkan ide untuk mengadopsi desain atap arc terbuka Covent Garden Market dan fasad depan Royal Opera House pada pembangunan Pasar Pon Trenggalek.

Selain itu, pasar ini dibangun dengan menerapkan prinsip green building, agar dapat menghemat biaya operasional dan biaya perawatan.

Baca juga: Khas Majapahit, Ini Wajah Baru Pasar Benteng Pancasila di Mojokerto

Dengan luas bangunan 11.900 meter persegi, Pasar Pon Trenggalek dapat menampung 479 kios dan 319 los.

Untuk diketahui, revitalisasi Pasar Pon Trenggalek dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.